Salam Bravo Sang Mentor

 

Resume ke-21  Kuliah Menulis On-line (Pertemuan ke -10 Gel 15)

Gelombang ke-14 


 

Hari/Tgl       :  Senin, 24  Agustus  2020

Pukul            :  19.00 s.d 21.00 WIB

Pemateri     :   Salamah, MPd 

Jabatan       :   Guru SD N 2 Wonosobo, Penulis, 

Mentor CPNS/Psikotest dan Motivator.

Materi          :   Motivasi Berprestasi

Bismillahirohmaanirrohiim

Ibarat besi semakin ditempa akan semakin kuat pula besi tersebut. Begitu pula yang dialami  Bu Salamah, MPd  narsum  kali ini. Tempaan hidup yang menerpanya membuat beliau semakin tangguh dan melecutnya berkarya. Kulwap Om Jay malam ini di pimpin Mr Bams sebagai moderator.  Gaya seorang guru yang ramah, sebagai  mentor dan motivator ulungnya langsung  nampak ketika membuka mengirimkan video salam  pembuka. Senyum ramahnya yang khas, gestur tubuhnya yang menarik , membuat saya sering memutar ulang video tersebut. Gaya ceria, energik senantiasa memancarkan aura dan energi positif bagi yang melihatnya. Mari kita simak kisah perjuangan hidup dan karyanya berikut ini. Banyak sekali piagam penghargaan beliau tapi hanya dua yang dishare.

Awal karier beliau

Bunda Salamah mempunyai kejelian dan visi jauh ke depan lebih maju dari rekan semasanya. Bagaimana tidak, tahun 2011, sudah bisa menerbitkan buku mayor yang laku keras, karena memang dibutuhkan. Saat itu masih banyak yang memandang miring buat apa guru menulis. Tahun 2011 untuk meningkatkan kompetensi pendidik, pemerintah berencana  mengadakan Uji Kompetensi Awal (UKA). Tahun 2012 dimulai Tes (Uji Kompetensi Guru) UKG buat para pendidik. Banyak guru sepuh yang belajar dengan Bu Salamah untuk menakhlukkan soal UKA. Dari apa yang diberikan waktu membimbing itulah, beliau tulis sehingga menjadi buku. Namun sudah mencari info ke sana kemari belum berhasil juga, sampai akhirnya nemu di fb seorang editor penerbit mayor. Bunda Salma kontak beliau dan akhirnya berhasil dan  alhamdulillah bukunya pun laku keras. Materi yang beliau tulis hasil telaah beliau dari silabus, kalau kompetensi dasar, indikator, materinya ini, memakai media ini, assesmentnya begini dan seterusnya. Pada hal waktu itu beliau masih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) guru.

Sukses di buku pertamanya, ada hal yang sangat memukul beliau, secara kebetulan beliau melihat di foto copian, buku hasil kerja keras beliau ternyata di fotocopy ratusan exemplar, oleh sahabat guru di wilayah tempat beliau bekerja. Padahal harga buku Rp. 55 .000 beliau hanya mendapat royalty 10% nya dipotong 15%pajak. Selama 6 bulan beliau mendapat Rp 750.000 tidak mengapa, tapi yang bikin sedih karena dibajak oleh sahabat sendiri. Bunda Salamah lapor ke dinas, pernyataan Kepala Dinas Kabupaten Bu Salamah bekerja: Guru muda harus disokong, bukannya dijatuhkan dirasakan sebagai penyemangat  beliau. Walaupun sedih tidak membuat beliau terpuruk, beliau berpikir bagaimana menggerakkan mental guru untuk menulis. Saat itu memang belum ada aturan menulis bisa dipakai untuk point  naik pangkat. Dari buku itulah Bunda Salamah diundang ke mana-mana sebagai nara sumber, yang bisa mendatangkan pundi-pundi uang.  Akhirnya Bunda Salamah jadi kecanduan menulis, tentang motivasi, kegalauan da sebagainya.di WA story mendapatkan 600-an chat tanggapan.



Tahun 2015 terbit buku fenomenal yang diilhami dari suspect dari dokter yang menyatakan tidak hamil. Beliau berhasil menulis Drilling Psikotest pada bulan Agustus  2020. Buku ludes 2000 exemplar dan mendapat predikat Best Seller. Beliau percaya dari keadaan terpuruk karena didholimi, Allah akan mentakdirkan gantinya. Sekarang beliau sudah tidak perlu lagi mengajukan proposal ke penerbit mayor untuk terbit buku , tapi penerbit yang menelpon beliau untuk menulis buku dan jawaban beliau selalu “SIAP”.



Aktivitas Bunda Salamah

Berkah berikutnya mengalir sampai sekarang beliau menjadi mentor  CPNS yang datang ke rumah beliau dari jam 05.30 pagi – malam.Mulai tahun 2015 sudah banyak yang lolos CPNS. Di Tahun 2019 98% lolos SKD CPNS dan setengahnya mengikuti tahap SKB . Ini semua menjadi jalan untuk sang buah hati diperoleh dengan perjuangan bayi tabung dan ada kista di bagian otak yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.Sungguh luar biasa  tegar Bunda Salamah.

Testimoni. Dokter ada yg belajar mentor CPNS di Bunda Salamah.

 

Selain sebagai mentor CPNS beliau juga aktif melatih siswanya untuk berbagai lomba.Itu adalah kegiatan dirumah Bunda Salamah . Hari minggupun lembur untuk anak anak agar bs menang lomba. Lomba FLS2 dan  gamcer yg diadakan secara daring hari ini tgl 24 Agustus 2020.

 


Karya Bunda Salamah

1.Selain puluhan buku banyak  prestasi siswa yang dibimbing  Bunda Salamah : Juara 2 OSN IPA tingkat Nasional ada Juara FLSN tingkat Nasional juga.

2. Karya Inovatif: media pembelajaran kincir angin dari bahan bekas

3.Musik-musik pembelajaran tentang kepahlawanan berkolaborasi dengan  mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

4. Video Pembelajaran.

Sesie Tanya Jawab:

Mr Bam PGRI: Luar biasa materi dari Bu Salma, tiada perjuangan yang sia-sia semuanya penuh haru biru. Pahit manisnya sebagai penulis luar biasa dialami Bu Salma.

P1. Endartiningtyas Sulistiyo dari Rembang, Jawa Tengah.

Mohon tips dan trik supaya bisa lolos SKB CPNS. Terima kasih atas penjelasan dari Ibu.

J: Soal SKB t.d Paedagogi (Pembelajaran: tujuan , materi ajar, assesmentnya  dan mampu pembelajaran abad 21) dan profesional.dan akan dikirim contoh soal dan bimbingan gratis beberapa kali.

 P2. Tutik Sumarsih-  Madiun

Menarik sekali cerita bunda Salma. Awal menulis buku hingga keterpurukan kekecewaan dan akhirnya berbuah manis. Mohon maaf bunda Salma...ijin bertanya.

1.Bagaimana bisa mendapatkan inspirasi dalam setiap menulis buku. Caranya bagaimana?

2. Menulis di insta story...saya jadi ingin membaca juga bunda. Biar selalu dapat motivasi. Dimana alamatnya Bun?

J: Dari mana saja, dianalisa kebutuhan dan market oriented, dibuat proposal dan diajukan ke penerbit. Bisa follow di akun fb


P3.Saya Surantini, dari Sumatera Selatan. Mohon maaf, ikut bersedih dg apa yg ibuk alami dalam hal putra ibuk. Tp salut, ibuk selalu semangat dan srmangat. Ibuk memangnya lahir tahun berapa? Diangkat CPNS th 2010, begitu banyak prestasi yg ibuk raih...terutama semangat dalam menulis.

J: Usia udah kepala 3.Tetap  semangat menulis dan mewariskan buku dan karya ke anak cucu. Ada buku yang menjadi kebanggaan dan menjadi referensi universitas  yaitu Buku Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah karena berkolaborasi dengan rektor dan guru besar Profesor Pendidikan terkemuka yaitu Proh. Khumaedi. 

P4.: Mr. Bams Bandung, hal apa yang paling berkesan dan paling sedih dalam penulisan buku ?Buku yang ditulis dan paling favorit judulnya apa ? Alasannya apa ?

 J: Buku favorit saya adalah buku CPNS karena menghasilkan uang ratusan juta rupiah bagi saya.buku yang baru di rilis Juli 2019 dan sdh laku 4650 lebih dalam jangka waktu kurang lebih 6 bulan. Bagi saya menulis buku itu menyenangkan. selain sebagi eksistensi diri juga bisa menambh pundi pundi uang kita.kalau buku strategi pembelajran tdk mendatangkan uang banyk tapi kebanggan yang luar biasa karena say menulis beranding dengan seorang profesor rektor dan guru besar. setiap buku memiliki cita rasa sendiri.setiap buku juga punya cerita sendiri.cita cita sya yng belum tercapai adalah menulis novel. sy berharap novel sy bs di filmkn. diman novel ini akan mencerikan kisah hidup guru. persekusi .

 

Mr Bams : Nah...adakah novel yang saat ini sedang ditulis ? Bila ada sudah adakah judulnya ?

J: judulny ME. masih 120 halaman. target 600 halaman. 

Mr Bams : Ok, jangan diceritakan dulu,

J:  gak dong mister....... Faksi

 

Mr Bams : Berapa banyak teman guru yang ikut jejak jadi penulis dan menerbitkan buku. Terutama yang satu sekolah atau satu wilayah ?

J. kalau satu sekolah yg sekarng blm ada. karena semua gurunya hampir pensiun. kalau guru yang sekabupaten byk sekali yang menulis buku. walupun buku mereka buku indi. kalau yang menulis buku mayor sepertinya blm ada.

Mr Bam PGRI: Boleh tahukan alamat instagram, atau media sosial yang digunakan ? Barangkali ada chanel youtune ? Webisite/blog ?

J:  oke.... FB Salma Karyodinomo saimin.

Instagram salma_abimanyu

channel youtube channel salamah

                                                                      

Bapak ibu.... saya akan memberikan gratis buku saya 1 buah. buat satu pertanyaan yang paling berkesan di hati saya. buku akan saya kirimkan ke alamat bapak ibu besok. silahkan bertanya. yg pertanyaan super keren.Ini beberapa buku sya

P5. Santi Jayapura. Bu Salma

1. sejak kapan Ibu mulai menulis?

2. Sudah berapa banyak jumlah buku ibu sekarang?

3. Ibu Salma serba bisa bagimana ibu membagi waktu antara karier, hobby, tugas rumah tangga dan membimbing siswa dan guru yg datang belajar di rumah ibu ?

J: Mister dapat buku sya. Sejak tahun 2011. 34 buku.Saya kadang kerja membawa anak sya. saya sambi kerja. namun tdk selalu sya bawa. Kalau  jumat sabtu minggu saya off kegiatan luar itu sya gunakan untuk keluarga. kecuali ada tugas membimbing murid lomba. Bu santi..... akan sy kirimi buku sya. terimkasih bu santi dar papua. salam untuk guru papua dan anak anak papua....... bravoooo 

P6. Nurhabibah dari pekanbaru

1.Bagaimana ibu mengatur waktu dalam.menulis dengan keluarga apalagi dalam pandemi sekarang ini

2. Apa motto ibu, makanan kesukaan dan hobby  ibu .

J:  Saya menulis ketika dikejar target. bisa selesai hnya dalam 2 minggu atau 1 bulan. di era pandemi sy membuat video pembelajaran sambil nyambi ngajar online dan home visit, setiap hari say melakukan home visit. satu anak per datang. selam 2.5 jam sekali pertemuan.Motto saya adalah jadi motivator bagi diri sendiri. motivator terhebat adalah semangat yang berasal dalam diri sendiri. makanan kesukaan saya adalah mie . hobby saya tidur. 

P8:  Hayati Cempaka dari Pemalang Jawa Tengah.

Ibu Salma ini memang luar biasa. Baru kali ini saya bertemu dgn seorang guru sehebat ini. Guru serba bisa. Sehingga murid2nya pun luar biasa. Dr banyak hal, yg ingin saya tanyakan adalah bgmn caranya ibu bisa membimbing seorang anak SD hingga bisa menulis buku. Dan bukunya isinya tentang apa? Berapa lama proses penulisannya?

Apakah ibu juga yg mengajari murid2 menari untuk lomba?

J: Dibuatkan ide pokok anak yang mengembangkannya.  Berusaha mengetahui bakat siswa melakukan pendekatan dengan orang tua. Dulu les menari, menggambar. Mengajar di kelas tetapi tidak melatih untuk lomba, ada pelatihnya sendiri.

P9. Bu Prapti, Asal Subang. Asslmkm Mr Bam dan Bu Salma. Luar biasa Bu Salma yg multitalent dan mentor ulung, selalu ceria dan energik  menampilkan aura positif. Kayaknya senang sekali siswa /gurunyg belajar bersama Ibu. Bisa dikisahkan waktu menulis Buku Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah, sampai di tangan P Mentri (Muhajir)? 

 Clossing statement dari Bunda Salamah : Tetapkanlangkah, Satukan otak, Bulatkan tekad, Lurus ke depan. Raih semuanya. Bravo. Kita Bisa.Kita Mampu dan Kita akan melewati setiap rintangan. ampai jumpa lagi. Slam guru hebat Indonesia. Merdeka guruku merdeka negriku.Bravo. Terimakasih semuanya....

Mr. Bams undur pamit. Ayo Terus Menulis (ATM). Salam Literasi

Peresume : Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)     

Buku yang pernah ditulis: Anakku Harapanku

                                    Asa dari Bumi Papua

Fb Prapti Prayitno

Ig prapti9370

https://praptiprayitno.blogspot.com

Comments

  1. Replies
    1. Yang lebih kerenn Bunda Salamah, makasih Bu ilmu nya. Semoga Bunda sekeluarga sehat dan bahagia...

      Delete
  2. Awal membaca..sudah mulai tertata..tapi agak terganggu dengan adanya pertanyaan dan jawaban..mungkin bisa sedikit diringkas saja pak..sesi tanya-jawab..sehingga tidak terkesan terlalu panjang..selainitu sudah mantul..salam literasi pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, makasih masukannya Bu...Sy juga Ibu sanes Pak, nama Sudarsono nama suami🙂🙏

      Delete
  3. Bagus sekali. Berepsan kadang tidak ingin menyembunyikan. Seluruhnya ingin disampaikan. Salam persahabatan. Terus menulis dn jangan ragu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mesting "berpesan". Duh salah ketik, lagi.
      Maafkan hamba, Yang Mulia.

      Delete
    2. Makasih Pak Antok, salam kembali, kalimat nya selalu memotivasi....gpplah tyipo ...🙂🙏

      Delete
  4. Masya Allah bu, pengalaman bu Salamah yg sangat luar biasa. 🥰👍👍

    ReplyDelete
  5. Keren Bu resumenya, semangat terus

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum. Semoga Bu Prap sehat wal afiat sehingga bisa terus menebar manfaat dengan berbagi tulisan yang menginspirasi. Dan semoga kita dapat belajar dari pengalaman orang lain. Terima kasih Bu 🙏

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum. Semoga Bu Prap sehat wal afiat sehingga bisa terus menebar manfaat dengan berbagi tulisan yang menginspirasi. Dan semoga kita dapat belajar dari pengalaman orang lain. Terima kasih Bu 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sami sami Bu Win , jazakilah doa2 nya Bu...Aamiin YRA...

      Delete
  8. luar biasa perjuangannya, https://www.gurupenggerakindonesia.com/penulis-dan-motivator-tangguh/

    ReplyDelete
  9. hebat bu.... semoiga kita bisa menjadi guru penggerak, minimal menggerakan diri sendiri tuk terus belajar dan berkarya.... tetap semangat

    ReplyDelete
  10. hebat bu.... semoiga kita bisa menjadi guru penggerak, minimal menggerakan diri sendiri tuk terus belajar dan berkarya.... tetap semangat

    ReplyDelete
  11. sangat mengispirasi resumenya, semangat terus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19

Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting

Membangun Indonesia melalui PJJ yang menyenangkan