Trik Best Seller ala Kang Encon
Resu me ke-12 Kuliah Menulis On-line Pertemuan Ke 27
Gelombang ke-14
Hari / Tgl :
Ju'mat, 31 Juli 2020
Pukul :
19.00 sd 21.00 WIB
Pemateri : Encon Rahman
Jabatan :
Pengawas Kab. Majalengka, Jawa Barat
Materi
: 6 Cara Menulis Buku Best Seller
Gak terasa sudah sampai di penguhulu hari di pekan ini, yaitu Ju'mat mulai tholabul 'ilmi di Kuliah Menulis On-line bersa ma Om Jay. Pemateri di Kuliah Menulis Malam Ini Adalah Kang Encon Rahman, . Kuliah dibuka Om Jay dibuka dengan salam yang lalu mempersilakan Mr. Bam sebagai moderator untuk memimpin perkuliahan malam ini. Waktu 1 jam ke depan untuk materi dan tanya jawab mulai pukul 19.45 WIB. Materi disampaikan dengan PPT yang disampaikan, pesan suara yang santun, runtut dan jelas. Kesungguhan dan kecintaannya pada bidang sosial-pendidikan mendorongnya untuk berkiprah pada tenaga pendidik dan kependidikan berhasil menjuarai berbagai lomba menulis / kreativitas tingkat nasional maupun internasional.
Setelah lulus dari Fakultas Pendidikan dan Keguruan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, Unpas, selanjutnya pada tahun 2002 ia menjadi santri karya di pesantren Daarut Tauhiid pimpinan Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Enam tahun lamanya Encon Rahman mondok di pesantren Daarut Tauhiid. Ia bekerja pada program Misykat Lembaga Dompet Peduli Umat (DPU) DT.
Keberhasilan Encon Rahman dalam dunia tulis menulis mendorongnya pula menjadi pembicara, pelatih, dan konsultan ekonomi mikro bersama Iwan Saktiawan di berbagai lembaga BUMN. Tercatat, ia tidak pernah menjadi pelatih di PT Arutmin Indonesia Kalimantan, PT Antam Bogor, PT PNM Cabang Jakarta, Bandung, Cirebon, Tasikmalaya, Cianjur, Bogor, Indramayu, Kuningan, dan Majalengka, PT Indonesia Power UBP Suralaya Banten, PT Indonesia Power UBP Merica Jawa Tengah, PT Indonesia Power UBP Saguling Jawa Barat, PT Pertamina UBP Balongan Indramayu, PT PelindoII, PT Jasa Raharja, PT Semen Gresik Jawa Timur, PT Bio Farma (persero)
Pada tahun 2016 Juara I guru berprestasi tingkat nasional dan Guru Inspiratif Jawa Barat "Anugerah Een Sukaesih Awards 2016". Pada tahun 2017 Encon Rahman mendapat penghargaan sebagai guru internasional dari Princess Maha Chakri Awards (PMCA) Kerajaan Thailand. Pada tahun 2018 ia menerima penghargaan Satya Lencana dari Presiden RI, Joko Widodo sebagai guru berprestasi di bidang Pendidikan.
Sementara karya yang sudah diterbitkan antara lain, (1) Menulis 500 cerpen, artikel pendidikan dan puisi ke surat kabar / majalah lokal dan nasional. (2) Menulis 6 buku pelajaran untuk Sekolah Dasar, (3) Menulis 2 buku sosial (4) Menggambar 150 kartun di surat kabar / majalah (5) Menulis PTK setiap tahun dan dipubliksikan di jurnal ilmiah.
Tahun Penyanyi Terdaftar sebagai pengawas sekolah DENGAN rekomendasi Prestasi nya di t ingkat nasional Dan internasional ,, DENGAN TIDAK m enjadi kepala sekolah terlebih PT KARYA CIPTA PUTRA tetapi Langsung sebagai pengawas sekolah. Dari berbagai prestasi yang diperoleh beliau dapat keliling ke luar negeri, dapat dilakukan ibadah ke tanah suci, Mekkah (2015), beasiswa belajar ke Melbourne, Australia (2016), Perjalanan ke Singapura (2017), Ibadah umroh (2017), dan Menerima Penghargaan Princess Maha Chakri Awards dari Kerajaan Thailand, Bangkok (2017).
Yuk kita simak materinya.
TUJUAN MENULIS BUKU : untuk apa buku ditulis?
1. Pengembangan budaya literasi atau koleksi pribadi. bentuknya antologi (keroyokan) . Bisa banyakan 20 orang atau lebih, diterbitkan dan dibeli langsung oleh penulisnya.
2. Kenaikan tingkat.
bentuknya buku solo, karya bersama, artikel, ptk, best practice, diklat . Sebagai upaya pengembangan Publikasi Ilmiah. Sudah ada panduan / panduan yang bisa digunakan payung hukum untuk kenaikan pangkat.
3. Mencari uang (finansial). bagaimana bentuknya . Best seller merupakan tujuan terakhir dari sebuah buku. Yang luar biasa itu bisa menulis, memiliki branding dan memasarkannya.
J enis buku pendidikan yang dapat digunakan untuk memperoleh pangkat / angka kredit (yang disyaratkan oleh Kementrian: sesuai Buku 4 dan 5)
- K arya bersama
- PTK dan praktik terbaik
- T ulisan ilmiah populer (artikel)
- T ulisan hasil penelitian
- B uku teks pelajaran
- B uku pengayaan
- B uku pedoman guru
- M odul / diklat pelajaran
- B uku bidang pendidikan
- K arya terjemahan
Selanjutnya kita bahas satu persatu:
JENIS BUKU PENDIDIKAN
1. Karya bersama
-B uku karya b ersama adalah buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh 4 orang penulis
-dengan n ilai angka kredit
- penulis utama = 40%
- penulis pembantu :
2,3, = 20%
Jadi buku antologi yang disusun lebih dari 4 orang tidak bisa dinilakan angka kreditnya.
2. PTK dan praktik terbaik
Hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah.
3. Tu lisan ilmiah populer (artikel)
T ulisan ilmiah yang dibahas di media massa (koran, majalah dst) yang membahas bidang pendidikan
angka kredit artikel
tingkat nasional = 2
tingkat provinsi = 1,5
4. Tulsan Hasil Penelitian (seperti PTK atau Penelitian di Sekolah))
5. B uku teks pelajaran
B uku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan untuk peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan terkait guru, baik sebagai buku utama maupun buku pelengkap.
angka kredit :
B uku teks pelajaran lolos bsnp = 6
D icetak penerbit ber-isbn = 3
D icetak penerbit tidak ber-isbn = 1
6. Buku Pengayaan
7. B uku pedoman guru
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru terdiri dari:
1. Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik;
2. Rencana pengembangan profesi untuk guru pembelajar.
Sebuah ngka kredit = 1,5
8. M odul / diklat
Modul ini merupakan materi pelajaran yang disusun dan disajikan agar dapat dibaca oleh para peserta.
Diktat adalah catatan yang dikirimkan tentang mata pelajaran atau bidang studi yang disiapkan guru untuk bahan diskusi yang disampaikan oleh bidang dalam proses kegiatan belajar mengajar.
A ngka kredit
M odul digunakan tk provinsi = 1,5
M odul digunakan tk kota / kab = 1
M odul digunakan di sekolah = 0,5
9. Bu ku hati Bidang Pendidikan
B erisi berkaitan DENGAN Bidang kependidikan. buku ini harus bermanfaat untuk guru dan siswa.
Bisa makro atau mikro (sesuai dengan mapel kita seperti pengalaman mengajar atau autobiografi).
angka kredit :
Membeli penerbit ber-isbn = 3
Membeli penerbit belum ber-isbn = 1,5
10. K arya terjemahan
T ulisan Yang dihasilkan Dari terjemahan buku Pelajaran ATAU buku hati Bidang Pendidikan Dari bahasa Asing ATAU bahasa Daerah ke bahasa saya ndonesia ATAU bertentangan dengan bahasa saya ndonesia Ke bahasa Asing ATAU bahasa Daerah yang akan digunakan untuk membantu membantu membantu.
angka kredit : buku hasil karya terjemahan = 1
B uku yang awalnya digunakan untuk menambah pangkat tapi bisa dijual bahkan bisa menjadi best seller atau buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan. Kriterianyapenjualan mencapai 30-50 rb buku per tahun atau 3000 / bulan,serentak di seluruh toko buku.
6 trik menulis Buku best seller :
1.
M enulis buku 2 jam x 10 hari itu lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2 har i
2.
M. iliki dan kumpulkan buku tematik / kliping agar mudah menambah wawasan saat menulis buku yang mirip , agar tulisan kita berkualitas.
3.
M enulis buku lebih nyaman di sepertiga malam atau
pagi hari ANTARA Pukul 03.00-06.00 agar LEBIH Segar
4.
M. enulis buku Harus seijin suami
( Istri , Bagi Yang Sudah Menikah)
5.
S ebelum menulis buku, diharapkan memiliki wudhu agar tulisan kita memiliki “ruh”.
6. M enulis melanjutkan buku karya orang lain dengan tema yang sesuai dengan buku yang sedang kita tulis
Berikut 8 cara menulis Buku best seller :
- menulis garis besar buku
- memaparkan materi berdasarkan garis besar buku yang telah disusun
- untuk penulis pemula setiap
hari wajib menulis satu bab
- satu bab minimal 5 halaman
- Jika ada 10 bab maka akan terkumpul 50 halaman
- gunakan jasa mentor sebelum buku masuk
penerbit buku
- buku selanjutnya akan diterbitkan
- waktu yang tepat menulis buku
Lanjutkan berbeda dengan ikhiri.
Lanjutkan : Ringkasan dari tulisan yang panjangnya dengan cara mengambil bagian yang dibuka saja tanpa ditambah pendapat pribadi.
Ringkasan: menulis lengkap dengan cara menjelaskan pokoknya berdasar pemahaman sendiri.
Langkah-langkah menulis Resume:
1.
Membaca buku
2.
M enemukan sukses pokok : biasa di awal
3.
M enuliskan kembali gaga san membaca
buku pokok oleh berurutan
4.
M enulisan berkelanjutan yang padat dan padat
5. M empitkan resume(bisa di blog, fb atau media lain yang mudah dibaca dan bermanfaat untuk teman-teman yang lain).
Ada 3 jenis buku yang dibimbing Kang Encon untuk penulis pemula. Bimbingan selama 4 bulan. Fungsi Kang Encon lebih fokus sebagai mentor.
1.Contoh untuk judul buku yang akan dibimbing: autobiografi
- ( A utobiografi) guru pena
- M enjadi guru bukan transisi (autobiografi)
- G uru Adalah cita-Citaku
- B ersyukur menjadi guru
- G uru idaman
- P rofil guru desa
- A ku ingin menjadi guru
2.Contoh disetujui
judul buku
(judul buku yang ditawarkan. Dapat cari judul yang lain)
- P anduan menulis artikel untuk media cetak
- M. enulis artikel DENGAN Mudah
- T ips jitu menulis artikel untuk review koran
- 12 cara
menulis artikel agar tembus koran dan majalah
- K iat praktis menulis artikel
- J enulis artikel semudah membalikan telapak tangan
- R ahasia menulis artikel untuk koran
- C ara cepat menulis artikel untuk media
- M enulis artikel yuuk
- Kiat pra k tis menulis artikel tinjauan koran tinjauan untuk review
- S etiap orang bisa menulis artikel ini!
- M. enulis artikel itu gampang kok
- T eknik menulis artikel untuk pemula
- T rik Mudah menulis artikel untuk menikmati koran
- J urus jitu menulis artikel populer
- T ernyata menulis artikel itu gampang
3. Contohesign judul bukupengalaman mengajar(judul buku yang diperlukan. Boleh cari judul yang lain)
- Mendidik
versus mengajar
- Mengajar dengan hati
- Tips jitu mengajar di kelas ........
- 12 cara
mengajar yang disenangi siswa
- Mengajar dan pengabdian
- Rahasia mengajar yang menakjubkan
- Pengalaman mengajar yang menyenangkan
- Cara mengajar yang melibatkan berbagai interaksi
- Kiat mengajar siswa kelas ......
- Strategi mengajar di era milineal
- Teknik
mengajar yang disenangi siswa
- Trik
mengajar agar disenangi siswa
- Jurus jitu mengajar yang menarik
- Mengajar itu asyik lho
- Mengajar dengan konsep "melayani"
- Mendidik bukan mengajar
Sesi Tanya jawab:
1. P: Siti Nurlatifah dari Subang, gelombang 12.
Apa beda buku teks pelajaran dengan buku dalam bidang pendidikan? Mohon diberikan contoh kongkritnya, terimaksih banyak sebelum dan diterima.
J: Teks Pelajaran sesuai mapel, menyeesuakan Kurikulum yang ada .. Buku Pendidikan yang membahas tentang pendidikan (baik makro atau mikro). Contoh: Memajukan Pendidikan Indonesia, Kiat Mengajar B Indonesia tentang Paragraf, Pengalaman Mengajar di daerah pulih.
2. P : Titin dari Subang
1). Menurut bapak resume itu bagus atau lengkap tapi padat?
2). Bagaimana menumbuhkan motivasi bpk dalam menulis dan memberikan motivasi kpd penulis pemula?
J: 1) Gambaran padat tetapi tidak bisa difasilitasi.
2) .Masuk komunitas menulis. (Dapat pengetahuan tentang kepenulisan dan motivas)
3. P: Katmie dari Palangka Raya,
Bagaimana jika kita menulis artikel pendidikan, tetapi tidak untuk media cetak, apakah ada nilai AK-nya?
J: Yang tampil di media atau tidak bisa digunakan untuk AK yang asal bertema pendidikan dan beririsan dengan mapel kita.
4.P: Ratri, gel Samarinda 12
Meresume hasil belajar menulis bersama Jay yang dibukukan dan berISBN termasuk jenis buku apa ya? Dan nilai angka kreditnya berapa? Bagaimana cara mengikuti pelatihan menulis kang Encon?
J: Mengacu Buku 4 dan 5 yang bertema pendidikan. Lanjutkan bisa ada AK-nya asal dibuat sendiri / solo. Pelatihan bisa japri ke no K Encom.
5.P: Nur hidayati dari Kulon Progo. Dalam buku 4, ada yang namanya karya inovasi. Untuk kumpulan puisi sejumlah 20 judul mendapat nialai PAK 2 dan 40 judul puisi mendapatkan nilai 4. Masih berlaku tidak?
J: Akan dikirim Buku 4 dan 5 nya.
6. P: Aning S dari SMP N 1 Pucakwangi Kab.Pati ... gel 12
Bagaimana melengkapi Jurnal yang sudah beraviliasi dengan dikti itu?
J: Akan dicari info / pembahasan yang valid lebih dulu.
7.P: . Ai S Dewi Subang
Dalam menyusun buku untuk menaikkan tingkat, jika buku selesai kuliah menulis ini dibuat buku angka angka kreditnya jauh? Adakah kiat jitu untuk menanggulangi moody dalam menulis
J: Coba baca lagi Buku 4 dan 5. Cara agar moody harus punya tujuan, motivasi, target dan impian.
Niatkan juga sebagai amal jariah, bolehkan buku lama dikeluarkan lebih lama dari usianya.
8.P: Bu Sri, dari bantul jogja, Untuk buku terlaris yang Bp Encon buat, kira-kira perlu buku penunjang yang dibeli, apakah buku penunjang beli di toko buku ya Bpk?
J: Bukan tergantung jumlah penunjang buku (kaidah 10 buku) Harus belajar dan mencari info yang sebenarnya buku yang diminati banyak orang).
9.P: S UPARNO di.Magetan
Saya
membuat auto biografi,
apakah termasuk buku y ang can dinilaikan Angka kreditnya
Bapak Encon?
J: Bisa asal bertema dan bermanfaat bagi guru atau siswa. Dengan catatan guru bukan politikus / ekonomi.
Pesan Pak Encon: Menulis Buku Jangan Takut shalat , TAPI Takut TIDAK can Memperbaiki Kesalahan. Walau pemula nanti ada mentor yang membimbingnya.Niatkkan mencari Ridho Allah Ta'ala akan lebih banyak ruhnya daripada mencari AK dan finansial saja.Semoga peserta di sini menjadi penggerak (pelopor)di rumah masing-masing. Ala bisa karena biasa. Ala biasa karena disetujui.
Peresume :
Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)
Buku yang pernah ditulis : Anakku Harapanku
Asa dari Bumi Papua
Fb Prapti Prayitno
Ig prapti9370
Resume bu prapti lengkap luar biasa bu🥰
ReplyDeleteMaturnuwun, sdh mampir Bu Latifah🙏
DeleteTerima kasih atas pencerahan nya
ReplyDeleteTerimakasih Pak, sudah singgah🙏
DeleteManthap bu
ReplyDeleteKeren bu
ReplyDeleteMantaaab selalu, Bu Prapti...selamat pagi Bu cantik..
ReplyDelete