Menebar Asa di Perbatasan

Resume ke-11  Pertemuan Menulis Online Om Jay Pertemuan   Ke 26

Gelombang ke-14


Hari / Tgl       :   Rabu,   29   Juli 2020

Pukul            :   19.00 sd 21.00 WIB

Pemateri     :    Dra Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH

Jabatan        :    Guru SMP N 2 Nekamese, Kupang, NTT

                        Tutor KF Bumi Nusa Cendana, Kupang, NTT

Materi : Berbagi Pengalaman Berliterasi                                  

Pemateri di Kuliah Menulis malam ini adalah Super Mom, ibu guru pejuang penggerak pemberantasan Buta Aksara untuk kaum ibu dan anak-anak di NTT dan seabreg kegiatan sosial dan literasi lainnya. Dia adalah Ibu Guru cantik Dra Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH. Dra Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH. K uliah dibuka Om Jay dibuka dengan salam yang lalu mempersilakan Mr. Bam sebagai moderator yang diundang Bu Kanjeng untuk memulai acara kuliah malam ini. Waktu 1 jam ke depan untuk materi dan tanya jawab mulai pukul 19.45 WIB. Setelah menyapa dengan hangat, Bunda LILIS memperkenalkan diri:      

1.    1.      Nama                                      : Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, SH

2.      NIP                                           : 19690311 199802 2 005

3.      Tempat / Tanggal Lahir          : Surabaya, 11 Maret 1969

4.      Pangkat / Golongan                : Pembina Tingkat 1 / (IV/b)

5.      Jabatan                                    : Guru Madya

6.      Pendidikan Terakhir                : Sarjana Strata 1 IKIP PGRI Surabaya,

Fakultas : Pendidikan IPS / Jurusan PMP/Kn

  (Lulus tahun 1992)

  Sarjana Strata 1 Universitas Wijaya Putra     

  Surabaya,

Fakultas : Hukum, Jurusan Ilmu Hukum

  (Lulus tahun 2000)

7.      Instansi                                    : SMP Negeri 2 Nekamese

8.      Alamat Kantor                         : Jalan HR. Koroh, Km. 15,3. Desa Besmarak,     

  Kecamata Nekamese

Kabupaten                               : Kupang

Provinsi                                   : Nusa Tenggara Timur

9.      Alamat Rumah                                    : CV. Bumi Cendana, Jalan Ikan Kombong, No. 9

Kota                                         : Kupang

Provinsi                                   : Nusa Tenggara Timur

10.  NPWP                                      : 07.536.962.9-922.001

11.  Email                                       : ibugurucantik@yahoo.co.id

Lilissutikno69@gmail.com

12.  Blog                                         : www.guruinspirasintt.com

13.  FB                                            : Lilis Sutikno (Mbak Pipin)

 

Saya penulis Buku Best Seller Guru adalah  Saat ini saya sedang merampungkan buku Antologi Puisi, juga belajar menjadi editor buku Antologi Puisi, dan sudah terbit, diantaranya adalah: 

Menurut catatan Om Jay, beliau juga dikenal sebagai penggerak pemberantasan Buta Aksara untuk kaum ibu dan anak-anak di NTT dan seabrek kegiatan sosial dan literasi lainnya di samping tugas utama beliau sebagai abdi negara. Meskipun, banyak tantangan dan tantangan yang ada di hadapannya, tak perlu menyortir langkah-langkah untuk mencerdaskan anak bangsa. Berbagai prestasi telah diraihnya. Mulai dari tingkat daerah hingga tingkat nasional. Salah satu buku hasil karyanya yang terakhir telah dipinang oleh salah satu teman dia di Nigeria dengan harga yang sangat fantastis. Sekitar 100 juta rupiah. Di samping itu, Dubes RI di Denmark juga telah memesan buku-buku karyanya dengan nilai hampir 75 juta rupiah.Sungguh suatu prestasi yang super seksi untuk seorang ibu-ibu super alias Super Mom.

Salah satu yang paling menarik dari kisah ibu Lilis Sutikno adalah dia yang menarik tulisan melalui media Facebook. Sesuatu yang tidak disangka-sangka memang. Karena biasanya kita hanya menggunakan media sosial tersebut, maka hanya menerima status menerima saja. Namun, guru yang bisa memanfaatkannya untuk melukiskan sulitnya perjuangan dia bersama-sama guru yang ada di kabupaten Nusa Tenggara Timur.

Hal yang paling menginspirasi adalah dengan tulisannya di Facebook ini, ia mampu meraih kemenangan di kompetisi yang terkait kepenulisan dan memenangkan pertarungan lain yang punya karya yang luar biasa juga. Salah satunya adalah Pembelajaran Digital Indonesia (IDL) yang diselenggarakan oleh Telkom Indonesia bersama PGRI. Keren kan...

 

Lebih dari sekadar kumpulan tulisan kita di FB tersebut, nanti bisa dijadikan bahan untuk dikumpulkan menjadi sebuah buku. Dengan kita menulisnya di FB, maka tulisan kita bisa langsung mengarsipkan tulisan kita di tempat yang lebih aman. Karena jika dibeli dalam hp atau laptop saja, tentu saja akan sangat riskan bila hp atau laptop tersebut tiba tiba tiba atau terserang virus misalnya, jika dibeli hilang. Tentu saja semua tulisan ini juga akan hilang dan lenyap begitu saja.

Sekarang kita lanjutkan ke penuturan Bu Lilis yang dikirimnya dengan bahasa yang ramah, santai, santun dan humoris. Selain menjadi guru saya adalah provinsi NTT, mata pelajaran PPKn Jenjang SMP. Juga Narasumber Literasi daerah perbatasan. Ini ijasah saya menjadi instruktur provinsi : https://m.facebook.com/story.phpstory_fbid=2459543784112670&id=100001712161927  

Buku buku yang lain: 


Medan kerja saya kala menjadi instruktur seperti ibu bapak lihat di sini: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2782335268500185&id=100001712161927Di Sahut Pak Bam: "Luar biasa, lihat lihat bunda". Jika tidak hujan seperti ini https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3037123709688005&id=100001712161927

 

Di tengah hutan jalan dilewati. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3037121849688191&id=100001712161927

Itu pas upacara bendera 2 Mei, kalau pas tugas jadi kabupaten atau provinsi NTT.Saya jalan ikut.Harus berjuang ... Jatuh gedebug ..... Dulu jalan ke sekolahku seperti ini. dan saya pernah jatuh 2X. Bangun sendirian .... kata orang Jawa: Otot kawat balung wesi. (Otot dibuat dari kawat tulang dari besi).

 

Saya di juluki teman-teman dan pejabat NTT sebagai Anggota DPR. Dulu jalan ke sekolahku seperti ini dan aku pernah jatuh 2x.

 https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1659077960825927&id=100001712161927

Tapi sekarang jalan menuju sekolah saya sudah baik ... Mulus suka pipi seorang gadis yang tak berjerawat. Alhamdulillah ... Anggota DPR Provinsi peduli. Semua kisah itu saya tulis dalam buku saya GURU adalah INSPIRASI .

Serial PELITA KAMPUNG BETA

Jejak Juang Guru Desa di NTT

Dan buku yang membawaku terbang tinggi bersama-sama PNS saya.

 Percaya atau tidak ...

Tapi ini nyata ... Setiap orang menjadi Instruktur, Narasumber, atau sebutan lainnya untuk guru para guru. Percaya atau tidak ...

I tu mesti DIKLAT dulu ...

Tapi tidak bagi saya ...

Ketika menjadi NARASUMBER LITERASI DAERAH PERBATASAN.

Saya meminta guru mengajar karena saya meminta penulis buku.

 

Perjalanan mengajar ke daerah negosiasi dapat dilihat di: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3273664242700616&id=100001712161927 

 

Saya orangnya cuek ... Ikut truk proyek atau kendaraan apa saja, saya ikut.

Yang penting saya tiba di tempat tugas yang tepat waktu. Yang penting tidak terlambar mengajar para guru di daerah

Teman-teman ... Apapun yang Allah berikan kepada kita syukuri, dan menerima itu sebagai anugerah terindah dari Allah untuk kita. Lalu lintas lukisan apa pun yang Allah berikan kepada kita dalam goresan pena kita. Pada saat goresan pena itu akan membekas pada sanubari dan menjadi sejarah indah bagi generasi kita. Saya akan bagikan power point saya mengajar menulis inspirasi kepada teman-teman semua, lebih dan inspirasi teman-teman bisa menambah bekal menjadi Narasumber secara offline kepada teman guru semuanya.

Menulis adalah inspirasi, langkah seribu diawali dari langkah pertama.

Jenis tulisan: 

1.Prosa

Prosa adalah tulisan bebas

Dalam Prosa ada fiksi dan non fiksi.

Fiksi ditulis berdasarkan daya khayal penulisnya.

Sedangkan non fiksi berdasarkan fakta

2. Puisi

Pengertian Umum,

Pengertian puisi merupakan karya sastra yang mengutip atau curahan hati penyair.

Dengan bahasa yang indah yang mengandung arti, irama, rima, matra dan umpan. 

Contoh puisi:

Roma

Novel

Cerpen

3. Non Fiksi

• Dalam tulisan non fiksi ada cerita pengalaman (Kisah Inspirasi)

• Buku Pelajaran, dll

* contoh non fiksi

Menulis adalah luapan rasa cinta yang tak sampai,

Puisi juga bisa menginspirasi seseorang untuk berubah menjadi lebih baik.

Menulis inspirasi bisa juga menulis puisi Puisi adalah karya sastra yang dibuat berdasarkan kenikmatan perasaan penyairnya.

Contoh puisi yang menginspirasi:

SAJADAH PANJANG

Karya Lilis Sutikno

 

            Kubentangkan sajadah panjangku tuk menghadap ke-Mu

            Aku pasrahkan seluruh hidup dan matiku pada-Mu Ya Rabb

            Dalam diam aku berdzikir mengharap ridho-Mu Ya Rabb

            Dalam diam aku berharap banyak dari-Mu Ya Allah Rabb-ku

            Dalam diam aku langitkan nama indah itu pada Allah Rabb-ku

            Dalam diam aku terisak Ingat kamu di atas sajadah panjangku

            Dalam diam aku mengaharap berkomunikasi itu berpihak menyerahkan

            Dalam diam aku sampaikan mimpiku tentangmu kepada Allah Rabb-ku

            Dalam diam aku memanggil namamu di atas sajadah panjangku

            Dalam diam aku terisak menyayat pilu dihadapan Allah Rabb-ku

            Dalam diam, mataku merindukan dirimu ada untukku

            Dalam diam aku tetap terdiam di atas sajadah panjangku. . .

            Dalam diam aku sangat jatuh cinta padamu

            Dalam diam aku semakin rindu padamu

            Dalam diam Tuhan tolonglah aku

            Lenyapkanlah dia dari hatiku

            Aamiin. . .

Cara mencari inspirasi menulis:

1. Postingan Teman-Teman Ngeblog

  • Anda tahu apa yang saya sukai bergaul dengan bloger-bloger amatir? Mereka hampir tidak peduli dengan pembaca. Mereka menulis sesuai kata hati. Dan terkadang, tulisan mereka benar-benar alami dan jenius.Itu sebabnya bloger yang rajin blogwalking tidak akan pernah kehabisan inspirasi.

2. Buku Penulis Terkenal

  • Kalau ada harta karun untuk penulis, pasti karya-karya tulis seperti buku populer. Bacalah buku-buku yang membahas untuk menemukan kata-kata jenius, sesuatu yang ingin Anda cantumkan dalam postingan blog Anda, dan Anda akan mendapat variasi baru untuk berkreasi.
  • Terkadang karena paragraf yang bagus atau ide bagus, atau kata yang keren, atau kalimat jenius, bagian yang selalu menunggu untuk ditemukan di dalam buku, bisa menjadi inspirasi terbaik.
  • Anda mungkin tidak menyadarinya membaca buku untuk mendapatkan hiburan, namun mengkompilasi Anda mencari inspirasi dan fokus, Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan tugas Anda hari itu juga

3. Pengalaman Selama Seharian

4. Buka Tabungan Ide Anda

  •  Penulis harus punya ide tabungan. Bagaimana pun, sama seperti tabungan terdiri dari  uang, ide tabungan digunakan untuk kompilasi benar-benar terdesak dan tenggat waktu sudah hampir tiba. Oleh karena itu, buat kamu menabung ide setiap hari.
  • Saya sendiri saat ini masih menyimpan sekitar 80 ide yang siap digunakan kapan pun saya mau. Dan itu membuat kehidupan menulis saya lebih tenang untuk dijalani.
  • Terkadang ada saat inspirasi tidak akan ditemukan begitu saja. Ketika hal tersebut terjadi, maka ide penghematan akan menyelamatkan Anda. Jadi, mulai sekarang, catat apa pun yang sesuai dengan ide Anda, dan dapat Anda tulis dengan baik kapan pun Anda inginkan.

5. Menulis Bebas

  • Menurut Jeff Goins, menulis bebas adalah menulis tanpa khawatir menerjemahkan atau meminjam baca atau apa pun yang membuat Anda lepas dari benar-benar menulis. Berharap Anda mengerti apa pun yang ada dalam pikiran bebas dan tanpa aturan.
  • Bagian yang kita cari, sesuatu yang kita inginkan sudah ada di dalam pikiran kita. Hanya saja, kita tidak dapat melihat dengan jelas. Dengan mengungkapkan semua yang ada di dalam pikiran selama beberapa menit, kita akan mendapatkan teks yang sangat kasar.
  • Belum disitulah inspirasi. Anda menginspirasi diri sendiri, dan akan ada saat di mana Anda berteriak “Yeeaaaahhh” dan menemukan ide terbaik yang selama ini bersembunyi di pikiran Anda.

6. Pengalaman Selama Seharian

7. Buka Tabungan Ide Anda

  •  Penulis harus punya ide tabungan. Bagaimana pun, sama seperti tabungan terdiri dari  uang, ide tabungan digunakan untuk kompilasi benar-benar terdesak dan tenggat waktu sudah hampir tiba. Oleh karena itu, buat kamu menabung ide setiap hari.
  • Saya sendiri saat ini masih menyimpan sekitar 80 ide yang siap digunakan kapan pun saya mau. Dan itu membuat kehidupan menulis saya lebih tenang untuk dijalani.
  • Terkadang ada saat inspirasi tidak akan ditemukan begitu saja. Ketika hal tersebut terjadi, maka ide penghematan akan menyelamatkan Anda. Jadi, mulai sekarang, catat apa pun yang sesuai dengan ide Anda, dan dapat Anda tulis dengan baik kapan pun Anda inginkan.

8. Menulis Bebas

  • Menurut Jeff Goins, menulis bebas adalah menulis tanpa khawatir menerjemahkan atau meminjam baca atau apa pun yang membuat Anda lepas dari benar-benar menulis. Berharap Anda mengerti apa pun yang ada dalam pikiran bebas dan tanpa aturan.
  • Bagian yang kita cari, sesuatu yang kita inginkan sudah ada di dalam pikiran kita. Hanya saja, kita tidak dapat melihat dengan jelas. Dengan mengungkapkan semua yang ada di dalam pikiran selama beberapa menit, kita akan mendapatkan teks yang sangat kasar.
  • Belum disitulah inspirasi. Anda menginspirasi diri sendiri, dan akan ada saat di mana Anda berteriak “Yeeaaaahhh” dan menemukan ide terbaik yang selama ini bersembunyi di pikiran Anda.

9. Baca postingan-postingan lama 

  • Ada yang melihat semua postingan saya selalu memiliki tautan, baik tautan keluar maupun tautan internal. Mungkin Anda juga menyadarinya. Saya sudah menyiapkan sejak blog ini didirikan. Karena saya sering menulis tentang postingan-postingan yang sudah diterbitkan sebelumnya.
  • Bacalah konten-konten lama dan Anda akan menemukan kekurangan-kekurangan atau informasi yang belum komplit. Maka tugas Anda tinggal menulis postingan baru untuk melengkapi postingan yang sudah ada. Dengan begitu, blog Anda bisa menjadi lebih lengkap lagi.
  • Jika bisa melakukan hal ini secara rutin. Bukan hanya kompilasi sedang mencari inspirasi menulis saja.Agar Anda dapat diandalkan karena keefektifannya pun tergantung pada kemampuan masing-masing individu mengembangkan ide yang sudah ada.

10. Tutup Pintu Anda

  • Dalam bukunya, On Writing, Stephen King meminta untuk menulis draf kasar dengan pintu tertutup dan kemudian merevisi dengan pintu terbuka.
  • Tentu maksudnya bukan benar-benar menutup pintu dan menulis di ruang tertutup, diberikan untuk melupakan apa pun hal negatif yang mungkin dipikirkan orang lain kompilasi draft pertama.

11. Dengarkan pembaca 

Dengan membaca komentar di blog dan fb dapat mendengarkan orang-orang yang membeli karya Anda, dan dapat membuat inspirasi dari hal tersebut.

12. Pastikan kamu bahagia

Mungkin Anda seorang blogger yang menulis kata kunci yang paling dicari selain Anda tidak membawa topik dengan baik. Itu menyenangkan kreativitas nomor satu, Jika Anda menulis dengan tidak bahagia, maka kualitas tulisan akan hancur.

Oleh karena itu menulis itu kamu senang. Menulis tentang gairah Anda dan akan mendapatkan senjata terkuat untuk mendapatkan inspirasi apa pun untuk menulis konten yang berkualitas

Kebahagiaan merupakan Jaminan Kreativitas, yang membahas tentang kemenangan kemenangan tetap, untuk itu mulailah dengan memenangkan kompilasi, Dengan doa akan muncul pancaran kekuatan dan tembus untuk pembacanya.

 

Mohon dukungan untuk suka di facebook saya ini ...

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3278595272207513&id=100001712161927

Saat ini saya sedang mengikuti Kegiatan Wardah Inspiring Teacher 2020

Berharap saya bisa lanjut sampai pada puncaknya, aamiin

Daerahnya dingin sekali ... Cuaca siang juga masih berkabut ...

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3175821715818203&id=100001712161927

Siapa peserta disini yang dari Flores? ....


Oh ya ... Mohon maaf, FB saya ada 2 yang sudah penuh. Teman-teman yang berkenan berkenalan dengan saya bisa meminta pertemanan di FB saya dengan buku yang Cover FB BUKU BEST SELLER. Ilmu menulis saya sudah saya bagikan dalam bentuk power point Pak Bambang.

Itu yang saya sampaikan keliling NTT jika menjadi Narasumber Literasi

Tidak ada (Bp. Bam) 088809405468. 

Yang lainnya sebagai inspirasi perjalanan dinas saya yang berliku-liku dan terjal serta menyeberang kali ( sungai) berkali-kali. 

 

Saatnya sesi tanya jawab. Bapak Bam: “Terima kasih pemaparannya luar biasa 👍😊👏💪 Nanti kalau sudah selesai, bunda ketik huruf N besar ya. Saya lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Setiap pertanyaan saya akan terima kasih Kode P? sesuai urutan

 

1. Ai S Dewi Kab. Subang: Bagaimana ibu memotivasi para guru di perbatasan?

Apakah ibu yang paling berat adalah ibu hadapi. Trims.

Jawab: senang untuk menulis yang melihat sesuatu yang paling berat. Tugas saya sebagai inspirasi bagi mereka semua memberikan inspirasi untuk menulis itu mudah. Lalu saya bantu cari penerbit yang murah. Yang bisa di jangkau oleh guru2 diatasi. Alasan menulis buku bagi seorang guru memiliki nilai ganda

 

2. Suparno dari Magetan Tanya bu Lilis yang baik hati, motivasi apa yang menggerakkan ibu sehingga menjadi penulis                handal. Terima kasih 

Jawab: Rasa ingin hidup tak akan mati. Seorang penulis tidak akan mati

Suatu saat jika saya memiliki tiada, rekam jejak saya terus ada. Pak bisa lihat blog saya www.guruinspirasintt.com

 

3 . Sahat S Naibaho dari kab.Paluta Sumut. Selamat malam ibu Lilis yang luar biasa ,,, sangat menginspirasi pada malam hari ini. Saya juga mengajar di desa yang jauh dari kota, dengan jalan yang belum semuanya bagus .. yang mau saya tanyakan apa yang menjadi motivasi ibu untuk tetap bersemangat mengabdi biasa. 

Jawab: Saya baru dengar daerah ini Pak. Jujur saya dulu suka puas, suka capek, bahwan sering menangis. Terima kasih kayak anak TK. BENER LHOO..Suami saya pernah bilang gitu sama saya. Lalu ... Karena suamiku orang asli NTT, ia mencari saudara yang mau membantu bisa mengirim tugas ke Jawa, ikut DIKLAT gitu. Alhamdulillah saya ikut Diklat BUDI PEKERTI di Jakarta, dalam diklat guru, instruktur saya selalu bercerita menyampaikan pesan moral yang membangun jiwa saya menjadi kuat

Salah satunya adalah Sebaik-manusia yang selalu bermanfaat bagi orang lain. Lalu ... Niatkan semua pekerjaan kita di dunia ini untuk beribadah hanya untuk Allah, dan berharap ridho Allah saja

Dari diklat itu saya mulai menulis ...

Menulis ....

Menulis ..... Eee ..

Asyik juga ....

Dan keterusan hingga sekarang. Daerah tempat mengajar saya malah tragis ...

Air susah dulu ....

Saya tidak pernah mengajar apa pun ... Olah raga .... Prakarya .... Juga saya mengajar ....

 

4. Siti Nurbaya AZ, SMAN 2 Karimun, Kepri. Assalamualaikum Wr Wb, Ibu yang sangat memotivasi, saya ingin bertanya pernah ibu dalam perjalanan prestasi Ibu, tidak menggunakan istilah karena motivasi. Apa alasan. Wallallam. 

Jawab: Bu Siti Nurbaya ... Sering buuu ... Banyak alasan, salah satu kepala sekolah saya tidak mendukung semua kegiatan yang saya terima. Ibu bisa membaca blog saya www.guruinspirasintt.com


DIAM itu EMAS

Sebagai penyemangat bu. Jika semangat hilang ...

Tiba-tiba drop, saya perbanyak dzikir Lailahaillah Anta Subhanaka inni kuntu minadzolimin

Jika semangat itu hilang oleh banyak faktor senjata saya hanya itu Bu. Di Dzikirin kemana-mana asal tidak masuk kamar mandi ya Bu. ..

5.ibu Aning S dari SMP N 1 Pucakwangi Kab.Pati ... gel 12

Bagaimana cara ibu mengatur waktu untuk keluarga dan menjalankan tugas yang diperbesar yang medannya sulit dilakukan? 

Jawab: Saya sudah jadi nenek bu ...

anak sudah besar-besar dan rumah tak ada anak ribut. Mungkin ini salah satu faktor yang saya tulis kreatif dan banyak kegiatanSuami pengusaha sepatu tenun khas NTT juga berbagai bidang. Saat ini dibuka proyek ALFA MART yang baru dibuka di NTT.

Rumah sering kosong, saya tinggal di rumah. ni sering saya ada sendiri di rumah. Jika pulang sekolah.Jadi saya kunci pintu ... Di kamar menulis ...

Jika saya kelilimg NTT, suami maklum tugas yang melekat pada diri saya sebagai instruktur provinsi yang dimasukkan oleh Negara.

Saya juga bergabung dengan AGUPENA NTT (Mengurusi Topik Jurnal Ilmiah Guru) untuk bahan naik pangkat. Anak yang masih sekolah, Sekolahnya di Pondok Pesantren

Suami adalah pendukung utama dalam membantu pekerjaan rumah tangga.


Contoh kecil malam ini.

Saya tak masak, suamiku tadi, Mama mau masak apa mau beli jadi? ...

Alasan jika saya sudah pulang sekolah males keluar rumah lagi.

Membagi Pagi sebagai PNS Guru tidak dapat di ganggu gugat itu tugas pokok.

Setelah pulang sekolah bisa di kompromikan dengan suami bu.

 

6. Damdam Efendi dari SMPN 41 Bandung,. Asslmalaikum perang wab, Ibu Lilis terima kasih atas ilmu dan pengalamannya ijin bertanya: Setiap kali memulai menulis, terus dihantui perasaan takut salah, bagaimana mengatasi hal tersebut? Terima kasih,

JawabPak menulis saja dengan penuh percaya diri, habis nulis jangan langsung di revisi.

Tulis lagi ....

Tulis lagi ....

Terus menulis .....

Dan lagi ....

Nulis lagi ..... Sampai buanyak ..... Tapi nggak papa pak, simpan di kulkas biar dingin tulisannya.

Maksud saya selesai banyak tulisan khan lapar tuh? ... Boleh makan dulu ...... Jalan-jalan . .   .

Biasakan Selesai Menulis Jangan Langsung di Baca dan Sunting .. Sunting nya besok nya Pak ...

Lalu sebelum menulis berdoa dulu, agar tulisan kita di ridhoi Allah.

Pas sunting juga berdoa lagi, sunting lalu dengan hati yang tenang.

Menulislah dengan hati

Pasti sampai pembaca juga di terima dengan hati juga.

Selamat mencoba Pak.

Tetap percaya diri Pak

 

7. Bu Sri dari jogjakarta, sy ingin bertanya apa yang menjadi motivasi dan penunjuk yang menganjurkan perjuangan menjadi guru tangguh di daerah pedalaman begitu, saya lihat ibuk ini penuh energik sekali, karena tentu saja lebih banyak yang mau mengatasi medan yang sulit tahun ya terima kasih inspirasinya   

Jawab: Ibu Sri dari Jogya ...

Pripun kabaripun Malioboro Bu? ....

Sejuta kenangan saya tertinggal di Malioboro.

🤦 Maluku taruh Dimana ya? .... 


Pergi ke kotamu. . .

Katon Bagaskara dengan lagu Jogyakartanya.

Ibu pernah membaca kisah Rasulullah Saw? ... Belum pernah berjuang tentang saya versus Rosulullah Saw. Mari kita sholawat untuk Baginda Nabi Muhammad Saw, agar kita senantiasa memberi safaatnya. Dan dimasukkan kedalam surganya

Bu Sri ... Sebaik-baik tauladan adalah Rasulullah Saw. Rasulullah Saw adalah tauladan yang saya inginkan contoh dalam hidup saya Bu

Mr Bamingatkan: Bunda waktu 9 menit lagi, di belakang masih ada pertanyaan. 2 lagi bolehkah? Siaap Berapapun yang masuk saya siap terima ... akan saya jadikan buku Pak 

 

8. HAMDANI -KEPRI

Sebuah pengalaman yang sangat menginspirasi dan tak ternilai pengabdianmu Bunda Lilis. Apa yang tersulit dan juga yang menggembirakan ibu rasakan mengajar kaum besar Aksara dari ibu-ibu dan anak-anak di daerah perbatasan NTT?

Jawab: Selamat malam Pak Hamdan Kepri ... Apa kabar? ... Sehat selalu ya Pak ... Banyak pak ...

Membuat saya terus-menerus bersyukur kepada Allah Swt yang saya terima dunia menjadi wanita yang bisa sekolah sampai S1. Sementara jujur ​​hingga ini saya ingin sekali sekolah S2 dan lanjut ke S3.Sebagian besar dari bumi di mana saya mengerti dan di besarkan masih banyak perempuan yang tidak bisa membaca dan menulis.

Kesulitannya jika menjumpai para ibu-ibu putus asa tak mau belajar lagi. Karena saya harus mencari yang lebih baik. Karena harus meluangkan waktu ekstra belajar bersama di Rumah. Dan harus kembali kerumahnya lagi jika tidak mau datang ke pusat belajar. Senangnya mereka bisa membaca, dan membuat resep kue, resep masakan, lalu masakannya di antar ke rumah saya. Ha ha ha ... Yang ini bonus Pak

 

9. ibu Agathe SMPN 2 Selat Kapuas Kalteng. Bagaimana cara memulai menulis pengalaman pribadi sehingga bisa menginspirasi orang lain.

Jawab Selamat malam Bui Agathe dari SMP Selat Kapuas Kalteng. Ikuti ... Dari kisah di FB dari jadi buku saya.Atau bisa klik nama saya Lilis Sutikno , akan muncul kisah saya yang di tulis oleh guru alumni nge-blog pimpinan Om Jay.

Banyak sekali trik dan tipe pengalaman menulis yang saya tuangkan dalam FB.

Lalu saya kemas ke dalam buku saya yang jadi Best Seller tersebut.

Tulisan dalam FB, saya kemas jadi buku. Saya cetak sendiri dan saya jual sendiri.

Lalu jadi Best Seller ... Alhamdulillah. ..

Kuncinya PERCAYA DIRI Bu 🙏

10. B Prapti dari SMP N 1 Ciater, Subang. Tentunya sangat menarik dan heroik, Buku Bunda Guru Inspiratif, bisakah dikisahkan perjalanan Buku Terlaris tsb? Dan apakah pemasarannya sampai di kota-kota besar di Nusantara?Wasslm, Terima kasih

Jawab: Waalaikumsalam… Terimakasih Bu Prapti dari SMP N 1 Ciater, Subang.

Buku itu saya cetak sendiri 1000 buku habis.Laris manis ... Cetak lagi kedua habis ... Buku itu saya jual di FB saja ... Lalu saya aktif di AGUPENA NTT kenal baik dengan Kadis.Kadis bantu jualkan ke sekolah2.Saya drop ke sekolah-sekolah ... 1 sekolah 10 hingga 20 buku bayar pakai dana BOS.Tinggal kalikan saja bu.Dan belum semua sekolah dapat buku saya. 

Buku saya sudah sampai ke Negara Denmark juga Bu.Dibawa Om dan Tante saya setuju di Denmark sekarang sdh di Indonesia per 1 Juli 2020.

Sudah di bawa ke Cina oleh teman saya pelaut dan di jual di Tiongkok jual di para TKW dan TKI sana. Papua, Kalimantan, Sumatra, Aceh, Jogya, Solo. Surabaya ada di 3 Toko buku.Jakarta, Bandung, Ambon, Ternate, Malaysia, Singapura, Thailand.

Saya Jadi guru di Desa Besmarak sdh 24 tahun Bu. Alhamdulillah Bu…

Itu yang saya katakan tadi, jika kita menulis dengan hati dan berdoa dengan hati. Maka buku kita akan sampai di hati pembaca dengan hati pula Bu….

Gak terasa jam menunjukkan pukul 09.24 WIB sudah melewati jam jadual, melewati Mr.Bam yang membahas kuliah malam ini: “Alhamdulillah semua pertanyaan dijawab tuntas. Luar biasa, semoga semua tercerahkan dan bisa diikuti jejak bunda.Nah Pesan terakhir, saya persilahkan tapi dalam bentuk suara ”.

Pesan Bunda Lilis di akhir kuliah malam ini:

Menulis semudah ceplok telur

Maka menulislah

Menulis adalah luapan rasa cinta yang tak sampai

Maka menulislah agar cinta itu tersampaikan dengan baik melalui tulisan kita

Saya pesan, tulisan saya di blog atau di mana saja.

Tulislah dan kirim ke Facebook saya. Ikuti

Agar Facebook ada jejaknya bagikan sains malam ini di sini

Ini Facebook saya ... Lilis Sutikno (Mbak Pipin) Lima penerima pertama akan saya kirim hadiah dari NTT Ayo ... Siapa cepat, dia yang dapat.

Salam inspirasi,

Ibu guru cantik

Guru inspirasi NTT

Bunda Lilis Sutikno

Hadiahnya rahasia yaaa.

Pak Bam: Siap ... nanti pasti banyak yang antusias. Bunda Lilis terima kasih banyak. Semoga selalu sehat dan terus berhasil.Terima kasih dengan apa yang telah disampaikan, semoga Allah SWT menerima hadiah Bunda dengan berkah yang tiada tara. (Setelah acara selesai kuliah banyak yang japri ke Bunda Lilis.Mohon sabar saja).   

Mr. Bam’s:   Siap...nanti pasti banyak yang antusias. Bunda Lilis terima kasih banyakSemoga selalu sehat dan terus sukses.Terima kasih dengan apa yang sudah disampaikan, semoga Allah SWT membalas kebaikan Bunda dengan berkah yang tiada tara. (Setelah acara kuliah selesai pun banyak yang japri ke Bunda Lilis.Mohon sabar saja).

Pukul 21.34 WIB Mr. Bams mengakhiri perkuliahan: Saya Mr. Bams mengucapkan terima kasih untuk Bunda Lilis yang telah berbagi malam ini.Terima kasih Bunda Sri yang telah membagikan percakapan ini ke grup lain. Spesial buat Omjay yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk memandu acara ini.Saya undur pamit.Mohon maaf lahir bathin.

Peresume    :  Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)

Buku yang pernah ditulisAnakku Harapanku

       Asa dari Bumi Papua

Fb Prapti Prayitno

Ig prapti9370

https://praptiprayitno.blogspot.com

 


Comments

  1. Masya Allah, resunenya bu Prapti lengkap sekali🥰

    ReplyDelete
  2. Mantap
    Kamis, 30 Juli 2020, Postingan ke-433. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com

    ReplyDelete
  3. Luar biasa bu prapti, lengkap sekali resumenya.

    ReplyDelete
  4. Bu Prapti, resumenya mantaaab...makasih ya sudah mampir di gubukku..
    Selamat Hari Raya Idul Adha, Taqaballahu Minna Wa Minkum.

    salam literasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mi sami Bu Elly, Taqoballahu waminkum juga. Barokallahu

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19

Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting

Membangun Indonesia melalui PJJ yang menyenangkan