Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting
Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting
Resume ke-7 Kuliah Menulis On-line Pertemuan ke- 21
Gelombang ke-14
Hari/Tgl
: Jum’at, 17
Juli 2020
Pukul
: 19.00
s.d 21.00 WIB
Pemateri
: Amir
Faisal
Lulusan : Fak.
Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang (1990)
Jabatan/Pekerjaan :
Trainer
Materi
: Menulis
semudah menulis chatting
Contack Person
: 08157698288
WA atau melalui E-mail :
mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus
pencari teman di Face Book.
Semakin hari semakin menarik mengikuti kuliah menulis bersama Om
Jay. Pemateri kali ini Pak Amir Faisal seorang Trainer nasional sekaligus
penulis. Setelah dibuka Om Jay, selanjutnya Bu Kanjeng yang memimpin jalannya
perkuliahan malam ini. Sang trainer memperkenalkan diri menayangkan Platform
Digital (PD) dari link channel you tube dan link yang harus di
lihat/dibaca, like dan subscribe peserta,
sebagai akad sahnya mengikuti perkuliahan. Salam perkenalan bisa dilihat dari https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/.
Baik Pak akan kami laksanakan.
Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288,
082136009888 International Certified
on NLP & Persuassive Communication.
Praktisi Bisnis dan konsultan marketing
beberapa perusahaan Gogreen
Industry. International Certified on NLP
(Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful
Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah
satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari
Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive
Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler),
Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by
Bobbi DePorter.
Hingga kini telah puluhan ribu orang yang
mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner, pimpinan dan karyawan perusahaan swasta,
praktisi bisnis, Dosen, Guru, Wakil
Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.Selain menjadi Business Coach,
trainer / praktisi NLP, juga aktif di
Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat
Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah
mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group, Change, Farisma Publishing dll
Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus
dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas
Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Pada
saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha
sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda
Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007),
Konsultan Marketing Media (2007).
Contact Person : 08157698288 WA atau
melalui E-mail : mrfaisal36@gmail.com,
dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.
Pak
Amir menyampaikan ada tiga jenis manusia dalam menghadapi krisis :
1. Menyalahkan pihak lain yang membuat
dirinya yang sudah bernasib buruk menjadi tambah sengsara.
2.Sekedar menyesuaikan diri dengan keadaan,
dan bersikap menunggu serta berharap krisis segera lewat.
3.Krisis
adalah peluang atau kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri, bahwa diri
kita bisa berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat
*Jika pilihan Anda adalah nomor 3,
bersiap-siaplah untuk mendapatkan miracle
dalam hidup ini.Akan tetapi tidak sekedar asal bekerja atau berbuat.
Berikutnya tayangan materi yang cukup menarik yaitu Menulis semudah menulis chatting, tips-tips
menulis buku populer melalui tayangan video 1-12. PD ini adalah practicing (No theory). Silakan
dipraktekkan, tips-tips yang ada di video berikut.
Video 1 : Kiat Menembus Penerbit Nasional: https://youtu.be/-VRlzTu_O4M
Selain sebagai trainer
Pak Amir sebagai penulis di Gramedia,
Change Publisher, dan penerbit
lainnya, walaupun tidak punya latar belakang yang berkaitan dengan tulis-
menulis/pendidikan tapi dari Profesional
marketing /konsultan juga pengusaha UKM. Namun untuk mendukung
trainer/konsultan atau pembicara dalam skala luas harus punya personal branding dulu. Untuk itu beliau
mulai dari training anak-anak dan menulis
di penerbit nasional di Gramedia yang
mempunyai ribuan outlet di Indonesia.
Buku pertama beliau dengan
judul Menyiapkan Anak Jadi Juara, baru
dua bulan sudah masuk rak best seller. Jika sudah bisa tembus
terbit di Gramedia sudah nge-brand nama secara nasional dengan syarat
bertahan selama 6 bulan, akan dipajang 6
bulan lagi ke depan. Jika 6 bulan tdk ada sirkulasi akan di drop out . Sedangkan penulis di luar Gramedia Group hanya dalam waktu 2
minggu.
Seperti penerbit pada umumnya
Gramedia pun merupakan populasi bisnis atau orientasi
pada bisnis (buku yang punya laku jual). Jika sudah lolos audisi menulis
di penerbit Gramedia langkahnya:
1. Mengenali genre tulisan
kita apakah jeniss cerita anak, novel, travelling/touring dan lainnya.
2.
Info buku yang disukai di pasar. Gramedia punya cara untuk menentukan buku apa yang laku di pasaran
dengan menyebarkan kuosioner pada
pengunjung dan dari hasil penjualan. Peringkat pertama saat ini adalah novel ,yang kedua travelling. Apalagi
perpaduan dari novel dan travelling seperti karya tokoh nasional Pak Amin Rais
masuk best seller dan di film-kan. Yang ketiga jenis komik dan
keempat motivasi.
Video 2 :Menghilangkan Rasa Tidak Pede Menulis.: https://youtu.be/tAsYc2HSMLw
Silakan buka di Google artikel beliau tentang Belajar Hypnowriting sewaktu sebagai pemateri di LPMP Jogjakarta.
Awalnya dari pertanyaan peserta voting
internasional seorang doktor psikolog
yang punya masalah psikologi dalam menulis. Hambatan menulis adalah terikat
dengan konten/aturan tertentu yang membuat stress, tidak ada kebebasan menulis (free writing). Bagi yang suka ngomelin
suami, anak, ngomongin orang, pinter nulis di wa…yaa nyindiran mak-mak nih …sebenarnya sudah punya
kepandaian linguistik. Langkah-langkah berikutnya :
1.
Curahkan semua uneg-uneg dalam tulisan dimaksudkan untuk latihan
menghilangkan anggapan bahwa menulis itu sulit. Dimana sulit nya mengungkapkan
rasa jengkel pada orang?
2.
Tuliskan juga sisi positif dari orang yang dikenal/yang ditulis
sisi negatifnya pada poin 1.
3.
Tulis dream/mimpi yang diinginkan. Buat target tahun berapaakan
terwujud. Misalkan tahun 2030 sudah bisa cetak buku best seller atau pembicara. Libatkan perasaan dan emosi dalam menulis akan menghasilkan kekuatan /power di otak 33 ribu byte jika tidak hanya 1 byte
Jika sudah terbiasa menulis
dengan senang akan menjadi kebiasaan (habbits)
dan akan menjadi ketagihan. Penulis handal punya jam terbang 10 ribu jam
terbang menulis (kalau target 10 tahun berarti menulis 3 jam/hari atau jika 5
tahun ya 5-6 jam/hari). Tulis semua kejadian yang dialami.
Dari
artikel beliau tentang Belajar
Hypnowriting : Menulis itu harus Fokus pada Konteks
Elain B Johnson ketika menjelaskan tentang pembelajaran kontekstual mengatakan, kontekstual artinya berorientasi pada minat, kebutuhan, values, dan estetika. Menurut mentor Internasional beliau, berfikir kontekstual berarti menjadikan diri kita sebagai problem solver. Dan zaman Now, sangat dibutuhkan problem solver dan eksekutor.So, kalau dua case diatas kita gabung maka menjadi penulis yang baik adalah yang bisa berfikir induktif dan berfokus pada konteks.
Elain B Johnson ketika menjelaskan tentang pembelajaran kontekstual mengatakan, kontekstual artinya berorientasi pada minat, kebutuhan, values, dan estetika. Menurut mentor Internasional beliau, berfikir kontekstual berarti menjadikan diri kita sebagai problem solver. Dan zaman Now, sangat dibutuhkan problem solver dan eksekutor.So, kalau dua case diatas kita gabung maka menjadi penulis yang baik adalah yang bisa berfikir induktif dan berfokus pada konteks.
Video 3
:Prinsip-prinsip Free Writing (bebas
menulis): https://youtu.be/3fOFdamWGw4
1. Sugesti diri
sendiri dulu, percaya pada diri sendiri, jangan takut salah. Tiap hari menulis
dari hal-hal yang ada di sekitar kita, tulis original ide sendiri jangan copas.Menulis
jangan terikat aturan, mengalir saja. Ekspresikan jiwa keluarkan beban
batin.Baik ekspresi kejengkelan, marah, kabahagiaan, rasa syukur atau bahkan
pengakuat dosa/tobat (tapi awas jangan
sampai kebaca orang yaa, he he he…) Jadi, apakah hasil karya Anda akan dibaca orang atau tidak, sama sekali
tidak penting. Bahkan oleh Penulis Best
Seller Hernowo dikatakan secara ekstrim, ketika Anda mulai menulis, tulis
saja apa yang ada di kepala Anda. Jangan pedulikan seperti apa jadinya. Bahkan
kesalahan tulispun jangan dikoreksi.
Secara
psikologis :
a.
Tulisan orisinal yang keluar dari ekspresi Jiwa, itulah tulisan yang terbaik
yang keluar dari Unconscious mind.
b.
Sebaliknya, menulis dengan membayangkan, akan ada yang membaca, justru menutup
RAS (Reticular Activating System ) pada batang otak, yang merupakan kunci dari
passion menulis. c. Tulisan yang memancar dari perasaan dan hati yang tenang,
jernih dan nyaman, maka energi nya akan bisa mengalir pada pembaca lewat buku
yang dituliskannya.
2. Menulis holistik (menyeluruh) kaitkan dengan
kondisi/isu yang ada.
3. Memperkaya
khasanah pengetahuan/kosa kata dengan banyak membaca.
4. Menulis tidak
ada aturan, tidak ada yang salah.
Video 4 :Memahami Pikiran Pembaca: https://youtu.be/TqghX2Fn7EY
1.
Stimulus berupa
tulisan/buku kita yang masuk ke pembaca, persepsi yang dimaksud penulis belum
tentu sama yang dipahami pembaca.
2.
Filter dari pembaca.
Tulisan dari penulis yang ahli tidak ada filter/penolakan dari pembaca.Isue yang aktual , pengalaman
pribadi yang menarik , temuan baru bagi orang awam juga tidak ada filter dari
pembaca.
Selanjutnya di artikel Belajar
Hypnowriting beliau menjelaskan tips-tips jadi penulis seperti
berikut:
1. Mulai hari ini, Stop Copas, karena itu akan membunuh
kreatifitas Anda dalam menulis.
2.
Jika Anda makan tiga kali sehari, maka buatlah
tulisan minimal sehari juga tiga kali.
3.
Tulis detik ini juga, apa yang ada di kepala Anda,
misal tulislah tulisan pendek dengan judul misalnya,“Kenapa aku minder
menulis?”“Kenapa Aku Merasa Bodoh dan Orang Lain Pintar?”“Group WA Ini Bikin
Bete, Tapi Aku Butuh”
4.
Upload
Tulisan Anda Jika Anda yakin bisa menambah rasa percaya diri dan Passion
menulis Anda
5.
Simpan dan Baca Sendiri jika tulisannya menekan dan
membuat Anda kurang percaya diri jika diupload, tetapi sebaliknya bisa
menghibur Anda. (Ini adalah teknik terapi dalam self hypnosis yang disebut Reframing)
6.
Teruslah menulis dan jangan berhenti hingga gen myelin di thalamus menyempurnakan
Anda menjadi penulis andal. Hal itu secara alamiah akan terjadi dengan
sendirinya jika Anda sudah mencapai jam terbang.
Video 5 :Topik-topik yang Disukai Pembaca: https://youtu.be/5kSLoIkWSvA
Dipengaruhi
oleh peta mental yang dibentuk masa
lalu atau framming atau pengalaman
pembaca. Orang yang hidup dilingkungan pedagang/bisnis, akan berbeda dengan
birokrat.
Tulisan yang menghipnosis.Menghipnosis
artinya memengaruhi seseorang melalui sugesti. Jadi Hypnowriting memengaruhi
orang melalui sugesti yang ada dalam tulisan.Hypnowriting termasuk kategori Waking Hypnosis, yaitu cara melakukan
hipnotis atau mensugesti seseorang tanpa menidurkannya. Waking sendiri
artinya bangun, tidak tidur. Arti lebih teperinci dari hipnosis adalah
penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu
sugesti atau pemikiran.Jadi, waking hypnosis adalah
penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu
sugesti atau pemikiran dalam kondisi bangun atau mata terbuka. Kelebihan Hypnowriting karena bisa
dilakukan secara indirect, maka seseorang bisa mensugesti jutaan
orang, bahkan milyaran orang sekaligus serta bisa melewati lintas benua.Orang-orang bisa tersugesti jika
kita berhasil melewati critical area,
sehingga menembus pikiran bawah sadar mereka. yang selanjutnya bisa memasukkan sugestinya.
Topik yang disukai pembaca atau tidak mengalami filter/penolakan dari pembaca :
1. Inspiratif: perilaku mulia, pengorbanan,
kedermawanan, kepahlawanan dst
2. Unik, khas
tidak ada duanya, lucu dsb.
3. Sensasional, sesuatu
yang berlebihan mengarah ke lebay tapi
yang positif.
4. Kontroversial,
aneh, unik melawan arus. Untuk politik seperti Rocky Gerung.
5. Mengandung
misteri membangkitkan rasa ingin tahu seperti novelnya Agatha
Cristy.
6. Problem Solving, untuk memecahkan suatu masalah yang lagi menjadi fokus banyak
orang sesuai keahliannya.
7. Mengikuti
Trend/pasar.
Bacaan wajib : Belajar Hypnowriting
oleh Amir Faisal-Makalah untuk LPMP Jogjakarta
Video 6 : 4 Strategi Mensugesti Pembaca: https://youtu.be/bQN9lN7TnRM
Langkah–langkah Menghipnosis
1. Memahami cara kerja
persyarafan
Persyarafan kita merespon
tulisan bukan dimulai dari pikiran di otak pintar
atau cortex tetapi dari batang otak bagian bawah menyodok otak
naluri, lalu menstimulir dopamin sehingga
memproduksi jutaan neurotransmiter. (inilah yang sering
disalah pahami para guru, dosen, sehingga proses pembelajaran jadi bete). Kontens tulisan yang mengakses ke
otak kanan, seperti, diksi yang bernilai sastra, kreatif, imaginatif, dan
intuitif, apalagi ada gambar ataupun visualisasi sangat bisa memikat pembaca
untuk bertahan membaca tulisan Anda hingga akhir.
2. Pola Berpikir secara holistik
adanya keseimbangan antara otak kanan dan kiri.
Kontens tulisan yang mengakses ke otak kanan, seperti, diksi yang bernilai
sastra, kreatif, imaginatif, dan intuitif, apalagi ada gambar ataupun
visualisasi sangat bisa memikat pembaca untuk bertahan membaca tulisan Anda
hingga akhir. Mainkan Rapport Rapport dapat diartikan secara bebas sebagai strategi pendekatan,
penyelarasan dalam proses hipnosis. Di dunia praktisi Hipnosis biasa disebut
dengan istilah Connectedness, yang
meliputi matching & mirroring penyamaan
situasi, persepsi dengan pembaca serta pacing
& leading atau penyesuaian persepsi,
taste, dan keinginan pembaca sehingga pikiran pembaca bisa dikendalikan
3. Pahami
modality ada 3 yaitu VAK (Visual, Auditorial dan Kinestik)
4. Mainkan teknik–teknik persuasi,karena kesan/impres lebih ditangkap dari
pada pengetahuan.
Persuasi
adalah teknik mempengaruhi persepsi, taste, value, bahkan keyakinan pembaca. Beberapa teknik persuasi dapat dilakukan
antara lain dengan :
a.
Menginstall
di pikiran pembaca tentang kejadian yang tidak diinginkan terjadi atau
dihindari oleh pembaca, seperti : resiko, ancaman atau bahaya, kerugian, stigma
buruk, penderitaan, kesulitan dst
b.
Menginstall
tentang hal-hal yang disukai terjadi pada pembaca, seperti manfaat, hasil,
pengakuan, reputasi, kesuksesan, keberuntungan, kenikmatan, hadiah, dst.
Menurut David Beckhart, proses instalasi itu jika ditindak
lanjuti dengan memberikan visi atau menggugah ekspektasi dan membangun impian,
maka akan bisa memprovokasi orang
untuk berubah.
Jika Anda ingin memahami lebih dalam bagaimana pikiran bekerja,
sehingga dengan mudah Anda bisa mereprogamnya sesuai dengan keinginan Anda,
download e-book nya:
Video ke 7 :Trik Membuat judul dan Sinopsis: https://youtu.be/9CxQAlDBpCM
Kesan pertama pada buku ada di Judul.
Jadi harus dibuat menarik dan berkesan. Contoh: buku tentang managemen/memimpin perusahaan
bisa diberi judul Tiba-tiba Menjadi Bos.Contoh kedua buku dengan judul Waking Hypnosis yang berisi trik untuk
presentasi dan komunikasi. Judul ketiga Inside
Out Comunication yang lagi
ngetrend saat ini tentang faktor luar dalam di dunia komunikasi.
Video 8 :Contoh-contoh Sinopsis: https://youtu.be/1anAIsYsM7M
Sinopsis ada di cover belakang jangan lebih dari setengah
halaman. Contoh :
Buku Waking Hypnosis :
a.
Jika pekerjaan anda memotivasi,berkomunikasi,,, menjual, berbicara
pada di publik maka anda telah menemukan panduannya di buku ini.
b.
Buku ini mengajarkan setelah praktek trik-trik
waking hypnosis secara simpel dst…
Video 9 :Membuat kata pengantar yang mendorong orang untuk
penasaran membeli buku
Setelah nembaca judul, sinopsis lalu pengantar, maka harus simple
dan menggambarkan isi buku tersebut. Contoh Buku Think Like A Millyuner, beliau mengajak pembaca belajar pola pikir orang kaya di dunia. Di pengantarnya
beliau menulis yang intinya: 95% uang di dunia yang beredar di dunia
dikuasai dan dikendalikan oleh 5 % orang-orang terkaya di dunia. Jika uang 5%
itu atas kebaikan orang-orang kaya tadi, maka dalam tempo 5 tahun akan kembali
ke posisi semula…Artinya orang kaya yang 5% tadi akan berpikir bagaimana uang
kembali ke kantong mereka tadi, bukan untuk konsumtif seperti kita. Pendahuluan
di buku Tiba-tiba jadi Bos : Pengalaman
pribadi beliau sewaktu diangkat jadi manager
perusahaan. Kegembiraan yang kemudian jadi berkecamuk di pikirannya antara
senang dan tanggungjawab yang akan dipikulnya.
Video 10 :Membuat Endorsement dan kontens buku ala David Beckhart
Endorsement (komentar positif) bisa dibuat penulis yang belum
terkenal untuk memberi sugesti pada pembaca agar tertarik membaca buku yang
dimaksud. Sesuaikan dengan bidang-bidang yang ditulis. Seseorang bisa
dipersuasi jika anda bisa dengan stimulus pain
(sakit) dan fisher (menyenangkan).
Video 11 :Membuat Kontens Buku ala Robert Cialdini dan Joe Vitale:
Konten tulisan yang menarik
1.
Adanya perbandingan kontras
2.
Adanya hubungan timbal balik. Apresiasi dari tokoh-tokoh yang
ditulis
3.
Komitmen positif yang ada di masyarakat
4.
Pembuktian sosial
5.
Referensi (penguat)/otorisasi dari penemu
6.
Kelangkaan/spesial
Bisa disertakan kata bijak. Ada juga dari pendahuluan langsung ke
konten.
Video 12 :Membuat Pattern of Language ala Milton Erickson: https://youtu.be/Y2RVqivT6OI
Bahasa/susunan kalimat yang sudah dipakai oleh ahli-ahli linguistik
hingga enak dibaca dan bisa memberi sugesti/persuasif ke pembaca, tetapi tidak
terasa oleh pembaca.
Dari sesi tanya jawab diperoleh :
1. Bu Katmie
dari Palangka Raya: aya mau bertanya: jika kita fokus menulis nonfiksi, kog
rasanya sulit untuk membaca "kemauan pembaca" tulisan apa yang akan
mereka sukai. Nah, bagaimana itu Pak, mohon pencerahannya. Jawab: Persepsi
secara umum saja Ibu (bukan persepsi secara individu. Umumnya orang suka, tidak
suka.....Sebab tulisan dibuat menggunakan peta mental Ibu, sementara pembaca,
masing-masing punya peta mental yang berbeda.Tetapi ada common sense, ada kesukaan dan ketidaksukaan yang umum.Kemudian
juga umumnya orang, suka dibuat penasaran/curious, disanjung, diberi harapan,
dikasih model/ contoh dst
2. a. Bagaimana
menembus penerbit agar buku kita dicetak, soalnya saya bberp kali ditolak dg
berbagai alasan.
b. Apakah kita mengutif
tulisan dari internet sbg bahan bacaan dianggap plagiat tidak? Jawab: Jawab a. Sudah saya jelaskan secara rinci di
Video1 b: Untuk Gramedia grup tidak boleh copas dari internet. Kalau referensi
bisa.
3. Bu Lusi: menulis
unek- unek ini terkadang masih malu,dan kurang pd,bagainana menhilangkan rasa
yg kurang pd ini. jawab: Bahasa diolah jadi story telling Ibu
4. NI Ketut Suastiwi Guru TK Negeri Desa'Tusan Banjarangkan
Klungkung Bali. Kebetulan sekarang sedang belajar menulis OTTOBIOGRAFI saya.
Salah satu yg pernah saya baca adalah dgn memunculkan " Konflik
utama". Pertanyaan saya ketika saya mengungkapkan konflik itu apakah pihak
lain yg diajak berkonflik tidak marah kalau disebut kan namanya.Mohon Petunjuk
Bapak.hatur Nuhun Jawab: Dalam media apapun, hindari penyebutan nama, jika itu
berkonotasi negatip. Bahkan narasi kisahnya juga harus disamarkan. Dalam video
2 itu, mencurahkan uneg-uneg, dimaksudkan untuk latihan menghilangkan anggapan
bahwa menulis itu sulit. Dimana sulit nya mengungkapkan rasa jengkel pada
orang?TETAPI BUKAN UNTUK DIPUBLISH
5. HAMDANI –
KEPRI: Ilmu yang Bapak bagikan sangat memotivasi. Ringan dan bermakna. Tapi
saya sangat kesulitan untuk menuntaskan bagian ending. Terbentur dengan
hilangnya ide, karena sibuk memikirkan agar tulisan tidak lari dari tema,
pemilihan diksi, alur yang kuat, dan poin lainnya sebagaimana yang Bapak
sampaikan dalam tulisan hypnowriting. Saya akhirnya membekukan tulisan saya.
Mohon saran Bapak. Terima kasih.
Jawab : Pertama : Kalau nulis, justru jangan terlalu banyak mikir.
Ngalir aja Pak. Pokoknya curhat saja apa yang ada dalam sanubari Bapak. Baru
nanti dibaca ulang dan dikit lagi.Kedua ; Tidak usah takut kehilangan ide
selama Bapak masih fokus pada masalah / barter yang dihadapi Ketiga : Membuat
endingnya memang gampang-gampang susah. Tetapi semakin tinggi kita membuat
target akan semakin sulit mengakhiri
buku.Saran saya sederhanakan masalah
Keempat : Diksi itu akan semakin menggigit, sejalan dengan semakin
sering menulis. Jika sudah menulis 7000 jam keatas otomatis diisi semakin bagus.
Tetapi sekali lagi itu gak usah dipikirin. Apa yang kita mampu
buat, kita yakini bahwa itulah karya terbaik kita saat itu.
6. Dwi Mulyanti -
SMKN 1 Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur
Saya tertarik dengan menulis opini di sebuah surat kabar. Nah,yg
saya tanyakan trik menulis opini dalam surat kbr itu seperti apa ya pak?supaya
argumen atau opini kita tepat sasaran dan diterima. Jawab : Sebaiknya ibu cari
model di media, gaya-gaya penulisan yang viral dan disukai orang banyak.
Kemudian pilih yang genrenya paling cocok dengan selera Ibu.Saya awalnya juga
begitu, sebelum menemukan gaya dan karakter saya sendiri
Salam Literasi…..
Peresume : Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa
Barat)
Buku yang pernah ditulis: Anakku Harapanku
Asa dari Bumi Papua
Fb Prapti Prayitno
Ig prapti9370
https://praptiprayitno.blogspot.com
Keren, lengkap Bu resumenya..
ReplyDeleteNuhun ibu, udh berkunjung🙏
DeleteMaa syaa Alloh lengkap Bu resumenya
ReplyDeleteNuhun Bu Win motivasinya...
DeleteMantap
ReplyDeleteBismillah
Senin, 13 Juli 2020, Postingan ke-422. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com
Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
http.sarastiana googleAdsense.com
Metode Pembelajaran Sosiodrama
www.sosiodrama.com
Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran
Muhun, nuhun Pak
DeleteHebat blog Bp udh yg ke -422
Keren BuPrap sampai video terakhir, saya malah baru selesai td video terakhirnya
ReplyDeleteHe he ..bu Dewi kan lsg cuss Resumnya selalu paling cepat..👍👍
DeleteMakasih banyak bang sharing mengenai menulis...tmbh semangat lagi memulai tulisan nih
ReplyDeleteMakasih juga udh berkunjung Pak. Maaf saya Bu Prapt, nama Prayitno itu nama Bp saya🙏
DeleteSalut ... keren 👍👍😍
ReplyDelete