Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting


Menulis Buku Populer  Semudah Menulis Chatting

Resume ke-7 Kuliah Menulis On-line Pertemuan  ke- 21

Gelombang ke-14


Hari/Tgl                       :  Jum’at, 17  Juli 2020
Pukul                            :  19.00 s.d 21.00 WIB
Pemateri                      :  Amir Faisal
Lulusan                         :   Fak. Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang (1990)
Jabatan/Pekerjaan       :  Trainer
Materi                          :  Menulis semudah menulis chatting
Contack Person           : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.

Semakin hari semakin menarik mengikuti kuliah menulis bersama Om Jay. Pemateri kali ini Pak Amir Faisal seorang Trainer nasional sekaligus penulis. Setelah dibuka Om Jay, selanjutnya Bu Kanjeng yang memimpin jalannya perkuliahan malam ini. Sang trainer memperkenalkan diri menayangkan Platform Digital (PD) dari link  channel you tube dan link yang harus di lihat/dibaca, like dan subscribe  peserta, sebagai akad sahnya mengikuti perkuliahan. Salam perkenalan bisa dilihat dari https://www.spiritualquantum.com/about/amir-faisal/.  Baik Pak akan kami laksanakan.

Trainer Amir Faisal, Business Inspirator CN : 08157698288, 082136009888  International Certified on  NLP & Persuassive Communication. Praktisi Bisnis dan konsultan marketing  beberapa perusahaan  Gogreen Industry.  International Certified on NLP (Neuro Linguistic Programming), lisenced from California, dengan Coach Syaiful Bahri dan Stefanus Izaac Tamsil – salah satu dari sembilan belas orang di seluruh dunia yang mendapat Lisenced dari Robert Dilt (Developer of The Original NLP), Certified on Persuassive Communication dari Ronny FR ( International Coach Lisenced of Richard Bandler), Certified on Basic Multiple Intelligence dan Certified on Quantum Learning by Bobbi DePorter.
Hingga kini telah puluhan ribu orang yang mengikuti pelatihannya, mulai dari Pejabat Pemerintah dan BUMN, Owner,  pimpinan dan karyawan perusahaan swasta, praktisi bisnis, Dosen,  Guru, Wakil Rakyat, pimpinan Lembaga hingga para mahasiswa.Selain menjadi Business Coach, trainer / praktisi  NLP, juga aktif di Kadin Komite Timur Tengah serta menjadi Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Asprindo. Selain itu, tetap menyempatkan diri menulis buku. Hingga kini sudah mempublish 14 buku yang diterbitkan oleh Gramedia Group,  Change, Farisma Publishing dll

Pengalaman profesionalnya dimulai sejak lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (1990), bekerja di Tanah Mas Group, Branch Manager PT. Pantai Raja Makmur (1997) di Pekanbaru Riau. Pada saat krisis moneter 1998 mengundurkan diri dari perusahaan dan membangun usaha sendiri. Portfolio lainnya pernah menjadi Marketing Manager PT Nitigraha Muda Vendor Telkom Divre IV ( 2004 ). Direktur Marketing WB Mindset Program ( 2007), Konsultan Marketing Media (2007).
Contact Person : 08157698288 WA atau melalui  E-mail : mrfaisal36@gmail.com, dan Fans Page : Klik Trainer Amir Faisal pada modus pencari teman di Face Book.

 Pak Amir menyampaikan ada tiga jenis manusia dalam menghadapi krisis :
1. Menyalahkan pihak lain yang membuat dirinya yang sudah bernasib buruk menjadi tambah sengsara.
2.Sekedar menyesuaikan diri dengan keadaan, dan bersikap menunggu serta berharap krisis segera lewat.
3.Krisis adalah peluang atau kesempatan untuk menunjukkan eksistensi diri, bahwa diri kita bisa berbuat sesuatu yang berarti bagi masyarakat
*Jika pilihan Anda adalah nomor 3, bersiap-siaplah untuk mendapatkan miracle dalam hidup ini.Akan tetapi tidak sekedar asal bekerja atau berbuat.
Berikutnya tayangan  materi yang cukup menarik yaitu Menulis semudah menulis chatting, tips-tips menulis buku populer melalui tayangan video 1-12.  PD ini adalah practicing (No theory). Silakan dipraktekkan, tips-tips yang ada di video berikut.
Video 1 : Kiat Menembus Penerbit Nasional: https://youtu.be/-VRlzTu_O4M
Selain sebagai trainer Pak Amir sebagai penulis di Gramedia, Change  Publisher, dan penerbit lainnya, walaupun tidak punya latar belakang yang berkaitan dengan tulis- menulis/pendidikan tapi dari Profesional marketing /konsultan juga pengusaha UKM. Namun untuk mendukung trainer/konsultan atau pembicara dalam skala luas harus punya personal branding dulu. Untuk itu beliau mulai dari training anak-anak  dan menulis di penerbit nasional di Gramedia yang mempunyai ribuan outlet di Indonesia.

Buku pertama beliau  dengan judul Menyiapkan Anak Jadi Juara, baru  dua bulan sudah masuk rak best seller. Jika sudah bisa tembus terbit di Gramedia sudah nge-brand nama secara nasional dengan syarat bertahan  selama 6 bulan, akan dipajang 6 bulan lagi ke depan. Jika 6 bulan tdk ada sirkulasi akan di drop out . Sedangkan penulis di luar Gramedia Group hanya dalam waktu 2 minggu.

Seperti penerbit pada umumnya Gramedia pun  merupakan populasi bisnis atau  orientasi  pada bisnis (buku yang punya laku jual). Jika sudah lolos audisi menulis di penerbit Gramedia langkahnya:
1.      Mengenali  genre tulisan kita apakah jeniss cerita anak, novel, travelling/touring dan lainnya.
2.      Info buku yang disukai di pasar. Gramedia punya cara untuk menentukan buku apa yang laku di pasaran dengan menyebarkan kuosioner pada pengunjung dan dari hasil penjualan. Peringkat pertama saat ini adalah novel ,yang kedua travelling. Apalagi perpaduan dari novel dan travelling seperti karya tokoh nasional Pak Amin Rais masuk best seller dan di film-kan. Yang ketiga jenis komik dan keempat motivasi.

Video 2 :Menghilangkan Rasa Tidak Pede Menulis.: https://youtu.be/tAsYc2HSMLw
Silakan buka di Google artikel beliau tentang Belajar Hypnowriting sewaktu sebagai pemateri di LPMP Jogjakarta. Awalnya dari pertanyaan peserta voting internasional seorang doktor  psikolog yang punya masalah psikologi dalam menulis. Hambatan menulis adalah terikat dengan konten/aturan tertentu yang membuat stress, tidak ada kebebasan menulis (free writing). Bagi yang suka ngomelin suami, anak, ngomongin orang, pinter nulis di wa…yaa nyindiran  mak-mak nih …sebenarnya sudah punya kepandaian linguistik.  Langkah-langkah berikutnya :
1.      Curahkan semua uneg-uneg dalam tulisan dimaksudkan untuk latihan menghilangkan anggapan bahwa menulis itu sulit. Dimana sulit nya mengungkapkan rasa jengkel pada orang?
2.      Tuliskan juga sisi positif dari orang yang dikenal/yang ditulis sisi negatifnya pada poin 1.
3.      Tulis dream/mimpi  yang diinginkan. Buat target tahun berapaakan terwujud. Misalkan tahun 2030 sudah bisa cetak buku best seller atau pembicara. Libatkan perasaan dan emosi dalam menulis  akan menghasilkan kekuatan /power di otak 33 ribu byte jika tidak  hanya 1 byte
 Jika sudah terbiasa menulis dengan senang akan menjadi kebiasaan (habbits) dan akan menjadi ketagihan. Penulis handal punya jam terbang 10 ribu jam terbang menulis (kalau target 10 tahun berarti menulis 3 jam/hari atau jika 5 tahun ya 5-6 jam/hari). Tulis semua kejadian yang dialami.
Dari artikel beliau tentang Belajar Hypnowriting : Menulis itu  harus Fokus pada Konteks
Elain B Johnson ketika menjelaskan tentang pembelajaran kontekstual mengatakan, kontekstual artinya berorientasi pada minat, kebutuhan, values, dan estetika. Menurut mentor Internasional beliau, berfikir kontekstual berarti menjadikan diri kita sebagai problem solver. Dan zaman Now, sangat dibutuhkan problem solver dan eksekutor.So, kalau dua case diatas kita gabung maka menjadi penulis yang baik adalah yang bisa berfikir induktif dan berfokus pada konteks.

Video 3 :Prinsip-prinsip Free Writing (bebas menulis):   https://youtu.be/3fOFdamWGw4
1.      Sugesti diri sendiri dulu, percaya pada diri sendiri, jangan takut salah. Tiap hari menulis dari hal-hal yang ada di sekitar kita, tulis original ide sendiri jangan copas.Menulis jangan terikat aturan, mengalir saja. Ekspresikan jiwa keluarkan beban batin.Baik ekspresi kejengkelan, marah, kabahagiaan, rasa syukur atau bahkan pengakuat dosa/tobat  (tapi awas jangan sampai kebaca orang yaa, he he he…) Jadi, apakah hasil karya Anda akan dibaca orang atau tidak, sama sekali tidak penting. Bahkan oleh Penulis Best Seller Hernowo dikatakan secara ekstrim, ketika Anda mulai menulis, tulis saja apa yang ada di kepala Anda. Jangan pedulikan seperti apa jadinya. Bahkan kesalahan tulispun jangan dikoreksi.
Secara psikologis :
a. Tulisan orisinal yang keluar dari ekspresi Jiwa, itulah tulisan yang terbaik yang keluar dari Unconscious mind.
b. Sebaliknya, menulis dengan membayangkan, akan ada yang membaca, justru menutup RAS (Reticular Activating System ) pada batang otak, yang merupakan kunci dari passion menulis. c. Tulisan yang memancar dari perasaan dan hati yang tenang, jernih dan nyaman, maka energi nya akan bisa mengalir pada pembaca lewat buku yang dituliskannya.
2.      Menulis holistik (menyeluruh) kaitkan dengan kondisi/isu yang ada.
3.      Memperkaya khasanah pengetahuan/kosa kata dengan banyak membaca.
4.      Menulis tidak ada aturan,  tidak ada yang salah.

Video 4 :Memahami Pikiran Pembaca: https://youtu.be/TqghX2Fn7EY
1.      Stimulus berupa tulisan/buku kita yang masuk ke pembaca, persepsi yang dimaksud penulis belum tentu sama yang dipahami pembaca.
2.      Filter dari pembaca. Tulisan dari penulis yang ahli tidak ada filter/penolakan  dari pembaca.Isue yang aktual , pengalaman pribadi yang menarik , temuan baru bagi orang awam juga tidak ada filter dari pembaca.
Selanjutnya di artikel Belajar Hypnowriting beliau menjelaskan tips-tips jadi penulis seperti berikut: 
1.      Mulai hari ini, Stop Copas, karena itu akan membunuh kreatifitas Anda dalam menulis.
2.      Jika Anda makan tiga kali sehari, maka buatlah tulisan minimal sehari juga tiga kali.
3.      Tulis detik ini juga, apa yang ada di kepala Anda, misal tulislah tulisan pendek dengan judul misalnya,“Kenapa aku minder menulis?”“Kenapa Aku Merasa Bodoh dan Orang Lain Pintar?”“Group WA Ini Bikin Bete, Tapi Aku Butuh”
4.       Upload Tulisan Anda Jika Anda yakin bisa menambah rasa percaya diri dan Passion menulis Anda
5.      Simpan dan Baca Sendiri jika tulisannya menekan dan membuat Anda kurang percaya diri jika diupload, tetapi sebaliknya bisa menghibur Anda. (Ini adalah teknik terapi dalam self hypnosis yang disebut Reframing)
6.      Teruslah menulis dan jangan berhenti hingga gen myelin di thalamus menyempurnakan Anda menjadi penulis andal. Hal itu secara alamiah akan terjadi dengan sendirinya jika Anda sudah mencapai jam terbang.

Video 5 :Topik-topik yang Disukai Pembaca: https://youtu.be/5kSLoIkWSvA
Dipengaruhi oleh peta mental yang dibentuk masa lalu atau framming atau pengalaman pembaca. Orang yang hidup dilingkungan pedagang/bisnis, akan berbeda dengan birokrat.
Tulisan yang menghipnosis.Menghipnosis artinya memengaruhi seseorang melalui sugesti. Jadi Hypnowriting memengaruhi orang melalui sugesti yang ada dalam tulisan.Hypnowriting termasuk kategori Waking Hypnosis, yaitu cara melakukan hipnotis atau mensugesti seseorang tanpa menidurkannya. Waking sendiri artinya bangun, tidak tidur. Arti lebih teperinci dari hipnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu sugesti atau pemikiran.Jadi, waking hypnosis adalah penembusan faktor kritis pikiran sadar dan diikuti dengan diterimanya suatu sugesti atau pemikiran dalam kondisi bangun atau mata terbuka. Kelebihan Hypnowriting karena bisa dilakukan secara indirect, maka seseorang bisa mensugesti jutaan orang, bahkan milyaran orang sekaligus serta bisa melewati lintas benua.Orang-orang bisa tersugesti jika kita berhasil melewati critical area, sehingga menembus pikiran bawah sadar mereka. yang selanjutnya bisa memasukkan sugestinya.
Topik yang disukai pembaca atau tidak mengalami filter/penolakan dari pembaca :
1.      Inspiratif: perilaku mulia, pengorbanan, kedermawanan, kepahlawanan dst
2.      Unik, khas tidak ada duanya, lucu dsb.
3.      Sensasional, sesuatu yang berlebihan mengarah ke lebay tapi yang positif.
4.      Kontroversial, aneh, unik melawan arus. Untuk politik seperti Rocky Gerung.
5.      Mengandung misteri membangkitkan rasa ingin tahu seperti novelnya  Agatha Cristy.
6.      Problem Solving, untuk memecahkan suatu masalah yang lagi menjadi fokus banyak orang sesuai keahliannya.
7.      Mengikuti Trend/pasar.

Bacaan wajib : Belajar Hypnowriting oleh Amir Faisal-Makalah untuk LPMP Jogjakarta


Video 6 : 4 Strategi Mensugesti Pembaca: https://youtu.be/bQN9lN7TnRM
Langkahlangkah Menghipnosis
1.      Memahami cara kerja persyarafan
Persyarafan kita merespon tulisan bukan dimulai dari pikiran di otak pintar atau cortex tetapi dari batang otak bagian bawah menyodok otak naluri, lalu menstimulir dopamin sehingga memproduksi jutaan neurotransmiter. (inilah yang sering disalah pahami para guru, dosen, sehingga proses pembelajaran jadi bete). Kontens tulisan yang mengakses ke otak kanan, seperti, diksi yang bernilai sastra, kreatif, imaginatif, dan intuitif, apalagi ada gambar ataupun visualisasi sangat bisa memikat pembaca untuk bertahan membaca tulisan Anda hingga akhir.
2.      Pola Berpikir secara holistik adanya keseimbangan antara otak kanan dan kiri. Kontens tulisan yang mengakses ke otak kanan, seperti, diksi yang bernilai sastra, kreatif, imaginatif, dan intuitif, apalagi ada gambar ataupun visualisasi sangat bisa memikat pembaca untuk bertahan membaca tulisan Anda hingga akhir. Mainkan Rapport  Rapport dapat diartikan secara bebas sebagai strategi pendekatan, penyelarasan dalam proses hipnosis. Di dunia praktisi Hipnosis biasa disebut dengan istilah Connectedness, yang meliputi matching & mirroring penyamaan situasi, persepsi dengan pembaca serta pacing & leading atau penyesuaian persepsi, taste, dan keinginan pembaca sehingga pikiran pembaca bisa dikendalikan
3.      Pahami modality ada 3 yaitu VAK (Visual, Auditorial dan Kinestik)
4.      Mainkan teknikteknik persuasi,karena kesan/impres lebih ditangkap dari pada pengetahuan.
Persuasi adalah teknik mempengaruhi persepsi, taste, value, bahkan keyakinan pembaca.   Beberapa teknik persuasi dapat dilakukan antara lain dengan :
a.      Menginstall di pikiran pembaca tentang kejadian yang tidak diinginkan terjadi atau dihindari oleh pembaca, seperti : resiko, ancaman atau bahaya, kerugian, stigma buruk, penderitaan, kesulitan dst
b.      Menginstall tentang hal-hal yang disukai terjadi pada pembaca, seperti manfaat, hasil, pengakuan, reputasi, kesuksesan, keberuntungan, kenikmatan, hadiah, dst.
Menurut David Beckhart, proses instalasi itu jika ditindak lanjuti dengan memberikan visi atau menggugah ekspektasi dan membangun impian, maka akan bisa memprovokasi orang untuk berubah.
Jika Anda ingin memahami lebih dalam bagaimana pikiran bekerja, sehingga dengan mudah Anda bisa mereprogamnya sesuai dengan keinginan Anda, download e-book nya:
Video ke 7 :Trik Membuat judul dan Sinopsis: https://youtu.be/9CxQAlDBpCM
Kesan pertama pada buku ada di Judul. Jadi harus dibuat menarik dan berkesan. Contoh:  buku tentang managemen/memimpin perusahaan bisa diberi judul Tiba-tiba Menjadi Bos.Contoh kedua buku dengan judul Waking Hypnosis yang berisi trik untuk presentasi dan komunikasi. Judul ketiga Inside Out Comunication yang lagi ngetrend saat ini tentang faktor luar dalam di dunia komunikasi.

Video 8 :Contoh-contoh Sinopsis: https://youtu.be/1anAIsYsM7M
Sinopsis ada di cover belakang jangan lebih dari setengah halaman.  Contoh :
Buku Waking Hypnosis :
a.      Jika pekerjaan anda memotivasi,berkomunikasi,,, menjual, berbicara pada di publik maka anda telah menemukan panduannya di buku ini.
b.      Buku ini  mengajarkan setelah praktek trik-trik waking hypnosis secara simpel dst…

Video 9 :Membuat kata pengantar yang mendorong orang untuk penasaran membeli buku
Setelah nembaca judul, sinopsis lalu pengantar, maka harus simple dan menggambarkan isi buku tersebut. Contoh Buku Think Like A Millyuner, beliau mengajak pembaca belajar  pola pikir orang kaya di dunia. Di pengantarnya beliau  menulis yang intinya:  95% uang di dunia yang beredar di dunia dikuasai dan dikendalikan oleh 5 % orang-orang terkaya di dunia. Jika uang 5% itu atas kebaikan orang-orang kaya tadi, maka dalam tempo 5 tahun akan kembali ke posisi semula…Artinya orang kaya yang 5% tadi akan berpikir bagaimana uang kembali ke kantong mereka tadi, bukan untuk konsumtif seperti kita. Pendahuluan di buku Tiba-tiba jadi Bos : Pengalaman pribadi beliau sewaktu diangkat jadi manager perusahaan. Kegembiraan yang kemudian jadi berkecamuk di pikirannya antara senang dan tanggungjawab yang akan dipikulnya.

Video 10 :Membuat Endorsement dan kontens buku ala David Beckhart
Endorsement (komentar positif) bisa dibuat penulis yang belum terkenal untuk memberi sugesti pada pembaca agar tertarik membaca buku yang dimaksud. Sesuaikan dengan bidang-bidang yang ditulis. Seseorang bisa dipersuasi jika anda bisa dengan stimulus  pain (sakit) dan fisher (menyenangkan).

Video 11 :Membuat Kontens Buku ala Robert Cialdini dan Joe Vitale:
Konten tulisan yang menarik
1.      Adanya perbandingan kontras
2.      Adanya hubungan timbal balik. Apresiasi dari tokoh-tokoh yang ditulis
3.      Komitmen positif yang ada di masyarakat
4.      Pembuktian sosial
5.      Referensi (penguat)/otorisasi dari penemu
6.      Kelangkaan/spesial
Bisa disertakan kata bijak. Ada juga dari pendahuluan langsung ke konten.

Video 12 :Membuat Pattern of Language ala Milton Erickson: https://youtu.be/Y2RVqivT6OI
Bahasa/susunan kalimat yang sudah dipakai oleh ahli-ahli linguistik hingga enak dibaca dan bisa memberi sugesti/persuasif ke pembaca, tetapi tidak terasa oleh pembaca.
Dari sesi tanya jawab diperoleh :
1.      Bu Katmie dari Palangka Raya: aya mau bertanya: jika kita fokus menulis nonfiksi, kog rasanya sulit untuk membaca "kemauan pembaca" tulisan apa yang akan mereka sukai. Nah, bagaimana itu Pak, mohon pencerahannya. Jawab: Persepsi secara umum saja Ibu (bukan persepsi secara individu. Umumnya orang suka, tidak suka.....Sebab tulisan dibuat menggunakan peta mental Ibu, sementara pembaca, masing-masing punya peta mental yang berbeda.Tetapi ada common sense, ada kesukaan dan ketidaksukaan yang umum.Kemudian juga umumnya orang, suka dibuat penasaran/curious, disanjung, diberi harapan, dikasih model/ contoh dst
2.      a. Bagaimana menembus penerbit agar buku kita dicetak, soalnya saya bberp kali ditolak dg berbagai alasan.
 b. Apakah kita mengutif tulisan dari internet sbg bahan bacaan dianggap plagiat tidak? Jawab:  Jawab a. Sudah saya jelaskan secara rinci di Video1 b: Untuk Gramedia grup tidak boleh copas dari internet. Kalau referensi bisa.
3.      Bu Lusi: menulis unek- unek ini terkadang masih malu,dan kurang pd,bagainana menhilangkan rasa yg kurang pd ini. jawab: Bahasa diolah jadi story telling Ibu
4.       NI Ketut Suastiwi Guru TK Negeri Desa'Tusan Banjarangkan Klungkung Bali. Kebetulan sekarang sedang belajar menulis OTTOBIOGRAFI saya. Salah satu yg pernah saya baca adalah dgn memunculkan " Konflik utama". Pertanyaan saya ketika saya mengungkapkan konflik itu apakah pihak lain yg diajak berkonflik tidak marah kalau disebut kan namanya.Mohon Petunjuk Bapak.hatur Nuhun Jawab: Dalam media apapun, hindari penyebutan nama, jika itu berkonotasi negatip. Bahkan narasi kisahnya juga harus disamarkan. Dalam video 2 itu, mencurahkan uneg-uneg, dimaksudkan untuk latihan menghilangkan anggapan bahwa menulis itu sulit. Dimana sulit nya mengungkapkan rasa jengkel pada orang?TETAPI BUKAN UNTUK DIPUBLISH
5.      HAMDANI – KEPRI: Ilmu yang Bapak bagikan sangat memotivasi. Ringan dan bermakna. Tapi saya sangat kesulitan untuk menuntaskan bagian ending. Terbentur dengan hilangnya ide, karena sibuk memikirkan agar tulisan tidak lari dari tema, pemilihan diksi, alur yang kuat, dan poin lainnya sebagaimana yang Bapak sampaikan dalam tulisan hypnowriting. Saya akhirnya membekukan tulisan saya. Mohon saran Bapak. Terima kasih.
Jawab : Pertama : Kalau nulis, justru jangan terlalu banyak mikir. Ngalir aja Pak. Pokoknya curhat saja apa yang ada dalam sanubari Bapak. Baru nanti dibaca ulang dan dikit lagi.Kedua ; Tidak usah takut kehilangan ide selama Bapak masih fokus pada masalah / barter yang dihadapi Ketiga : Membuat endingnya memang gampang-gampang susah. Tetapi semakin tinggi kita membuat target  akan semakin sulit mengakhiri buku.Saran saya sederhanakan masalah
Keempat : Diksi itu akan semakin menggigit, sejalan dengan semakin sering menulis. Jika sudah menulis 7000 jam keatas  otomatis diisi semakin bagus.
Tetapi sekali lagi itu gak usah dipikirin. Apa yang kita mampu buat, kita yakini bahwa itulah karya terbaik kita saat itu.
6.      Dwi Mulyanti - SMKN 1 Kademangan Kab. Blitar Jawa Timur
Saya tertarik dengan menulis opini di sebuah surat kabar. Nah,yg saya tanyakan trik menulis opini dalam surat kbr itu seperti apa ya pak?supaya argumen atau opini kita tepat sasaran dan diterima. Jawab : Sebaiknya ibu cari model di media, gaya-gaya penulisan yang viral dan disukai orang banyak. Kemudian pilih yang genrenya paling cocok dengan selera Ibu.Saya awalnya juga begitu, sebelum menemukan gaya dan karakter saya sendiri
            Salam Literasi…..
Peresume    :  Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)
Buku yang pernah ditulis:  Anakku Harapanku
    Asa dari Bumi Papua
Fb Prapti Prayitno
Ig prapti9370
https://praptiprayitno.blogspot.com

Comments

  1. Maa syaa Alloh lengkap Bu resumenya

    ReplyDelete
  2. Mantap
    Bismillah
    Senin, 13 Juli 2020, Postingan ke-422. Mohon doanya satu hari satu postingan di blogwww.sarastiana.com


    Google Adsense di Bawah 1 Dollar?
    http.sarastiana googleAdsense.com

    Metode Pembelajaran Sosiodrama
    www.sosiodrama.com

    Model dan Metode Pembelajaran http://www.modelpembelajaran

    ReplyDelete
  3. Keren BuPrap sampai video terakhir, saya malah baru selesai td video terakhirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he ..bu Dewi kan lsg cuss Resumnya selalu paling cepat..👍👍

      Delete
  4. Makasih banyak bang sharing mengenai menulis...tmbh semangat lagi memulai tulisan nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udh berkunjung Pak. Maaf saya Bu Prapt, nama Prayitno itu nama Bp saya🙏

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19