Menulis Semudah Berbicara



Resume ke-9 Kuliah Menulis On-line Pertemuan  ke- 24
Gelombang ke-14


Hari/Tgl       :  Jumat, 24  Juli 2020
Pukul            :  19.00 s.d 21.00 WIB
Pemateri      :  Ibu Sri Melni
Jabatan        :  Guru TIK SMP N 1 Gunung Talang.
Materi          :  Menulis dengan Apliksai Writer Plus
Peresume    :  Suprapti, S.Pd  (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)

Semakin komplit materi yang disajikan di Kuliah Om Jay dari seluk- beluk dunia kepenulisan sampai penerbitan. Kuliah malam ini pun tidak menariknya yaitu menuliskan apa yang kita bicarakan langsung ke  tulisan. Bagaimana caranya yuk kita simak resumenya. Seperti biasanya kuliah Bu Kanjeng Sri Sugiastuti sebagai moderator menyapa dengan hangat para peserta dan mempersilakan Ibu Melni untuk memulai perkuliahannya. Bu Melni yang cantik memulainya . "Assalamualaikum bapak ibu guru hebat di sini “.  Perkenalkan Nama :Sri Melni Guru TIK SMPN 1 Gunung Talang. Lahir di Nagari Koto Gadang Guguk Solok, 11 Mei 1976. Beliau aktif sebagai penggiat liteasi di Sumbar khususnya Kab.Solok. Selain menjadi guru juga aktif di organisasi Bundo Kanduang dan tim 11 RPJM Nagari.
Kali ini  beliau akan membawakan materi tentang menulis dengan menggunakan aplikasi writer plus.  Sebelum  mulai kita terlebih dahulu instal aplikasinya melalui playstore. 



Lalu instal. Setelah diinstal langsung buka.  Akan keluar hasil seperti ini. 


Lalu tekan tanda tambah yang  berwarna hijau toska sudut kanan bawah. Silakan di cobakan dulu Bapak Ibu.Nanti di keyboard akan keluar tanda mikrophone.


 Kalau sudah keluar kalimat have something to say. Lalu tekan tanda mikropon tersebut dan (yang langsung kita bicara) maka akan langsung  menulis tanpa kita mengetik di keyboard. Atau dengan kata lain, kita hanya tinggal bicara melalui mikrophon tersebut dan tulisan akan langsung tertulis di hp kita semua.

 Aplikasi ini sangat mudah untuk kita menulis tanpa harus di depan laptop. Artinya menulis sambil tersenyum dan semudah berbicara. Kalau sudah paham peserta disilakan untuk mencoba. Hasilnya bisa ditayangkan  plus pertanyaan lewat WA  Bu Melni  089692593804,  kalau sudah ada ucapan 1 paragraf....Namun sayangnya Hp saya masih penuh memorinya sehingga harus dikurangi dulu agar bisa memasang aplikasi Writer Plus tersebut. Insya Allah nanti mau mencoba.

Bagaimana lagi cara untuk menjadikan ke dalam mik word? 

1. Caranya klik garis tiga sudut kanan atas lalu share, namun sebelum di share jangan lupa terlebih dahulu ubah kedalam format text. 

2. Kalau udah dalam bentuk text bapak kita bisa langsung copykan ke dalam bentuk  mik word di laptop untuk mengedit tulisan. 

3. Aplikasi ini sangat mudah dalam penggunaannya jika kita dalam bepergian ingat akan menulis bisa langsung menuangkan ide dalam bentuk tulisan dengan berbicara (hp akan menuliskannya). Selamat mencoba semoga bermanfaat  

Jadi aplikasi New Write Plus ini kita  hanya tinggal bicara melalui mikrophon tersebut dan tulisan akan langsung tertulis di hp kita semua. Aplikasi ini sangat mudah untuk kita menulis tanpa harus di depan laptop.  Misalkan kita pas bepergian, naik di kereta atau bis punya ide menulis ya tinggal buka aplikasi dan berbicara  akan tertulis di hp kita. Mudah dan praktis kan?

Selanjutnya sesi Tanya Jawab
1. Assalaamu'akum, ibu Melni kegunaan apk writter plus ini dalam dunia tulis menulis untuk apa selain menulis perkataan kita?
Jawab: kegunaan aplikasi ini untuk mempermudah kita dalam menulis misal kita menulis setiap hari, dengan tempat dimana saja, jadi kita dapat menuangkan ide ke dalam bentuk tulisan walaupun kita ngak bawa laptop untuk menulis dulu misal kita berada di atas mobil, kereta api dll, namun ada ide  untuk membuat tulisan  cukup curahkan saja kedalam hp dan disimpan sampai di rumah baru  kita gabungkan dan di edit.  Jadi menulis semudah berbicara

2.Saproni Bandung. Belum faham bu, setelah diklik tanda + kok nggak muncul gambar microfon
Jawab: gambar mikrophon tsb ada di keyboard kadang dia tersembunyi di spasi tergantung hp yg kita pakai.

3.Ni Ketut Sulastiwi. Hatur nuhun. Utk Writter plus malam ini..Itu yg di atas hasilnya. Alhamdulillah.( Bu Tiwi mendapatkan beberapa piagam kejuaraan dalam menulis)
Jawab : Alhamdulillah Bu.Namun aplikasi ini dia hanya kenal bahasa Indonesia, bahasa daerah dia belum kenal untuk mengejanya misal ibu ucapkan Sri Melni dia tulis Sri melani

4 Seproni. Kalau ini gak muncul sama sekali gambar mikroponnya? (Peserta memperlihatka tampilan aplikasi Writer Plus yang masih kosong belun ada nikroponnya).
Jawab: Nah kalau ini mikrophonnya ada di spasi, tekan dulu mikrophonnya sampai berubah warna toska dan lalu ucapkan tulisan yg diinginkan

5. Tampilan latihan TEXT Bu Lilis Erna Yulianti

6.Lusia. Saya pakai hp  yg lain,sambil baca agak sulit mau instal. Jawab: Boleh pakai hp yg lain silakan aplikasinya di hp satu lagi maksudnya boleh

7. Endra E: Apakah mikropon keyboard bawaan hp ini tidak dapat bekerja seperti writer plus?
 Ellyrosy: Tadi punya saya juga begitu Pak Endra tapi kalo tidak salah ada suruhan untuk   merubah pakai google suara, sekarang bisa.

8. Pahdi. Maaf bunda. Untuk ios (iphone) aplikasinya apa ya?
Jawab: Bisa juga dipakai aplikasi ini silakan instal di playstore. 

9.Anis malam ini belajar menulis dengan aplikasi writing plus
: Hasilnya


10.Tiwi.Maaf Ibu.. TIWI tekan mikrophone kok nggak muncul tulisan. 
 Jawab: Cara kerjanya sana dengan WPS Office ya Bunda.

11.Assalamualaikum Wr Wb, Siti Nurbaya AZ, SMAN Karimun, Kepri .
Bu saya sudah download writer plus tapi setelah di coba beberapa kali microphonenya tidak muncul. Apakah aplikasi writer plus sama penggunaannya dengan speechnotes ?
Jawab: Tekan sampai keluar perintah ucapkan bu.Nggak bu...Cuman cara pemakaian mic nya yg sama

12.  PDHAL mikro phone SDH Tiwi tekan... mohon Bimbingan.. Hatur Nuhun
Jawab: Tekan dulu mic sampai berobah warna Bu

13. Sumarjiyati,.Assalamu'alaikum Ibu Sri Melni.. Ijin bertanya.Setelah merekam suara ternyata tulisan yg tampil ada yg tidak pas.untuk edit klik tombol titik 3 pojok terus pilih apa ya.. Trus untuk copy ke dalam bentuk mix word jk d hp bisa tidak..?
Terimakasih.. 
Jawab: bisa langsung di writer plus juga sama seperti kita mengetik tulisan di wa yg belum dikirim

14. Arnita dari Jogja. Terima kasih Ibu, ilmu yang sangat bermanfaat. Sudah saya coba Word plusnya. Langkah selanjutnya, bagaimana cara memindah kalimat dari HP ke laptop? Terima kasih Ibu.  Jawab: Cara memindahkan dari wa ke laptop Cukup buka wa web di laptop lalu copykan dan paste di mik word

15.Ijin tanya, tulisan dr writer plus apa bs langsung di posting ke blog? Jika bisa apa bs juga menyisipkan gambar ato foto? Mohon maaf saya sudah klik tetapi tidak muncul mikrofonnya juga.Mlm.. Bgmn selanjutnya ini Bu?.. Bgmn ubah k dlm teks? Jawab: Buka wa web bu.Bisa di copy langsung seperti copy text biasa. 

16. Bagaimana cara mengedit di aplikasi write plus, jika ada yg inhin kita revisi tulisan kita, apa bisa langsung di aplikasi ini di revisinya? Maksudnya, dari kata2 yg kita ucapkan jadi tulisan begitu? Atau ditik biasa? Jawab: Jawab: Ini suara bu, saya editbtext trus share..

16. Imah wuryanti kebumen. Malam ini kita belajar bersama tentang writing Plus dengan menggunakan aplikasi ini memudahkan para penulis untuk menulis apapun sehingga penulis bisa menjalankan aktivitas dimanapun penulis itu berada. Kebetulan malam ini ini saya Saya lagi jalan-jalan bersama anak saya ya sekedar refreshing pada akhir pekan Malam ini sangat spesial saya diajak makan malam di Ichiban Sushi menikmati menu California roll.Sambil menunggu hidangan saya menyempatkan menulis satu paragraf Senang sekali dapat menikmati ilmu baru terima kasih Kepada ibu ah lupa namanya salaaam. Maaf Bu Kanjeng belum dapat meng edit.
Jawab: Kalo pakai google dokumen tanda baca juga kadang2 terdeteksi dg kita menyebutnya, misal 'titik' dg irama tanda baca maka akan jadi '.'

17. Bahrudin dari Rembang ijin bertanya:
1).Apakah setelah berbicara melalui mikrphon otomatis tersimpan data/tex yg diucapkan? 
2). Bagaimana cara menyimpannya?
Jawab: Klik tanda garis 3 di sudut kanan atas Klik share. Namun jangan lupa rubah formatnya mejadi text. Akan tersimpan otomatis pak..
Demikianlah resume kuliah malam ini, semoga bermanfaat.

Semangat, Salam Literasi…
Suprapti  - SMP N Ciater :
Buku yang pernah ditulis:  Anakku Harapanku
       Asa dari Bumi Papua
Fb Prapti Prayitno
Ig prapti9370
https://praptiprayitno.blogspot.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19

Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting

Membangun Indonesia melalui PJJ yang menyenangkan