Menulis dan Menerbitan Buku (Bersama Bu Kanjeng)


Resume ke-13 Pertemuan Menulis On-line Pertemuan   Ke 1 / gel 15)

Gelombang ke-14

 

Hari / Tgl        :   Senin,   3 Agustus  2020

Pukul             :   19.00 sd 21.00 WIB

Pemateri      :   Dra.Sri Sugiastuti M.Pd (Ibu Kanjeng)

Jabatan         :    Pengajar, Pegiat Literasi Nusantara, Blogger, Duta Bunda Baca Soloraya

Materi           :    Pengalaman menerbitkan Buku

CP                  : WA 089692593804.

astutiana mailto: astutianamudjono@gmail.com

http://www.srisugiastutipln.com/

B Astutiana. M, @ Astutiana.M. IG. Astutianamudjono.

 

Malam ini sebenarnya kuliah perdana di Kuliah Menulis On-line bersa ma Om Jay Gelombang ke-15. Tapi karena saya baru ikut 12 pertemuan di gelombang 14, ya sudah lanjut gabung di gelombang 15. Semoga bisa diikuti sampai selesai Pemateri di Kuliah Menulis malam ini adalah Sri Sugiastuti M.Pd atau yang biasa dipanggil Ibu Kanjeng yang sering menjadi moderator di Kuliah Menulis On-line bersama Om Jay. Setelah dibuka perkuliahan, Om Jay mempersilakan Bu Aam Hasanah sebagai moderator untuk memimpin perkuliahan. 

Bu Kanjeng mrasa terlambat belajar menulis. Masa kecilnya di Jakarta sejak usia 1 tahun hingga SMA tahun 1980. Karir menulisnya dimulai kompilasi usianya jelang setengah abadTahun 2010 lalu tahun kompilasi 2 bukunya dapat diterbitkan, Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK” penerbit Erlangga. Buku antologi bersama Kompasianer “: tahun 2014“ 25 Kompasianers Merawat Indonesia ”(hari Kartini)“, Indonesia Satu “penerbitnya Indie Peniti Media. Beberapa buku antologi lainnya: Muara Kasih Ibu, Pindah, Pergi ke 2020, dan Pindah. Tahun 2013: Penerbit buku Terbit berjudul “Seni Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami” penerbit Mitra widyawacana Jakarta.Novel Hidayah "Kugelar Sajadah Cinta" penerbit Indie Bentang Pustaka Sidoarjo dan "Deburan Ombak Waktu" penerbit Indie Goresan Pena Cirebon. Tahun 2015 Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK edisi baru. Tahun 2016 buku “Kisah-kisah Kue Untuk Penerbit Ibu Tercinta Indie Oksana dan tahun 2017 buku“ Kisah-kisah keajaiban Penerbit Mediaguru Wanita. Tipuan Asmara (Novel), Wow Engish So Easy Kids, Perempuan Terbungkus, (Novel) Catatan Religi Bu Kanjeng (Motivasi), Merawat Harapan (Parenting), Kekuatan Doa Ibu (Parenting) Masuk Surga Karena Anak (Parenting).

Sebenarnya sejak SD suka menulis (buku kenangan, puisi, lagu2, baru sekian lama terwujud naskah buku. Jadi berproses tidak mendadak. Di SMP hobi korespondensi, mengumpulkan perangko / uang kuno, membaca sejak SD (majalah Bobo, Kuncung, komik A.Anderson. SMP sudah mengenal majalah Gadis, Anita). Saat SMA sebatas menulis di Mading karena lebih banyak di Pramuka dan Pecinta Alam. Saat kuliah di UNS ikut Napak Tilas rute perjuangan Jendral Sudirman dari Jogja-Wonogiri yang direncakan dibuat menjadi buku. AKABRI Magelang .Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ini, perlu tahu betapa sulitnya perjuangan mahasiswa AKABRI yang harus menjalankan tugas berat dengan naik gunung menyusuri rute J. Sudirman, peserta yang sedang menempuh perjalanan bisa lanjutkan dengan mobil lagi.Tahun 1985 pergi PNS mengajar di Jakarta hingga 1990 .Cinta dan tanggung jawabnya pada keluarga yang meminta hijrah ke Solo sejak tahun 1990 hingga saat ini.

Setelah jeda berubah tahun menjadi ibu rumahtangga, guru, ngurus mertua, anak dan ada tantangan kuliah lagi mengambil S2 (2007-2009). Di situ harus bisa melek IT (kenal Mbah Google, internet dan operasikan komputer dengan benar). Tahun 2009 kompilasi dibuka MGMP mendapat tiket dari teman guru dan menjadi pembuka / memecahkan telur bisa memuat buku yang diterbitkan penerbit mayor.Buku berjudul Seri Pendalaman Materi Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK. Setelah mengikuti berbagai diklat saya mulai menantang.mengikuti lomba dan pernah juga.menang menunggu lebih dulu di pemenang ke 3. Dan semua terangkum di buku yang kami buat bersama.


Ada sekitar 20 buku tunggal penerbit indie, atau siapa Antologi rata2 setiap tahun bisa 3 atau 4. Sekarang saya suka cinta dengan dunia literasi, setelah dapat menerbitkan buku dengan mudah indie. Sempat ke Dharmasraya dan juga ke Kupang demi mentransfer virus Cinta Literasi. Sudah merambah juga ke saluran Youtube. . Silakan para peserta menyimak dulu videonya .. https://www.youtube.com/channel/UCnw5MZPpwJVHBL-qTOwITVw


Banyak orang yang berkeinginan menjadi penulis, lalu bagaimana bisa menjadi penulis? Berikut ini adalah cara atau langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menjadi seorang penulis: 

Banyak membaca penulis memerlukan ide atau ide, dan ide atau mendukung itu banyak kita dapatkan dari membaca. Ada banyak jenis bacaan yang bisa kita baca tergantung minat kita. Apa yang kita baca sangat menentukan gaya kepenulisan kita 

Mencoba menulis Tuliskan saja yang ingin Anda tuliskan, bahkan kompilasi Anda tidak punya ide sama sekali Anda pun bisa menulis cerita karena Anda sedang tidak punya ide. Menulis bisa melalui media apa saja, bisa Anda tulis di komputer Anda, buku harian Anda, atau di media sosial seperti facebook, dan juga blog. Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis. 

Mengirimkan tulisan Cobalah untuk mengirimkannya ke media seperti media cetak. Atau jika tulisan Anda sudah menjadi buku, Anda bisa mengirimkannya ke penerbit buku. 

Teruslah menulis Jika naskah Anda ditolak atau sudah pernah diterbitkan, teruslah menulis. Kembangkan terus kemampuan Anda dan perbanyak karya-karya Anda. 

Tips agar disiplin menulis: 

Buatkan tulisan 

 Buat target.Jika perlu buat tabelnya jumlah halaman per hari Anda dan tuliskan undangannya atau dapatkannya di sampingnya. 

Fokus Fokus pada target yang Anda buat, jangan tergoda oleh godaan-godaan yang membuat Anda menyelesaikan tulisan Anda 

Hadiah & hukuman Anda juga bisa memberi hadiah pada diri Anda sendiri jika bisa mencapai target atau melebihi target, dan Anda juga bisa memberi tanggapan pada diri sendiri jika bertentangan dengan yang terjadi 

Berikut beberapa tips untuk memilih judul yang menarik 

Sesuaikan dengan tema tulisan 

Buat judul dengan kata yang mudah diingat Judul harus mudah dibaca oleh orang yang membaca penuh sekilas. 

Buat orang penasaran Judul yang mampu membuat orang penasaran untuk pembaca yang cukup menarik orang untuk membeli buku tersebut. 

Kiat mencari ide: 

1. Bacalah sebanyak mungkin buku Beli dan bacalah buku. 

2. Menyegarkan Anda bisa menyegarkan dan kembali ke tempattempat yang belum pernah mengunjungi untuk merefresh otak Anda dari rutinitas. 

3. Tulis apa yang bisa Anda Tulis Jika Anda belum mendapatkan ide, dapatkan. 

4. Cari referensi dari berbagai media Anda juga bisa mencari ide dari media, tersedia saat ini teknologi informasi sudah berkembang pesat. Anda bisa mencari di internet. 

5. Anda juga bisa menggunakan ATM (amati, tiru, modifikasi). 

Tips menulis cepat agar kita fokus untuk menyelesaikan tulisan kita. Pikirkanlah ide tulisan yang akan Anda buat. Lalu segera menuliskan. 

Anda juga bisa membuat karangan terlebih dahulu agar lebih terarah. 

Teruslah mencari berdasarkan ide yang Anda miliki. Jangan melihat ke belakang apa yang telah Anda ketik. Abaikan jika ada yang salah baik dari segi struktur bahasa maupun ide. 

Untuk mendukung no.3 Anda juga dapat memblokir semua kata dan ganti dengan warna putih saat Anda menyetujui pada MS. Kata. Apa yang terjadi? Anda tidak tahu, apakah yang baru saja Anda menuliskan. Nantikan, akan membuat Anda malas untuk editnya. 

Setelah Anda menyelesaikan tulisan Anda, barulah Anda mengubah tulisan Anda menjadi warna hitam jika Anda menggunakan cara no.4. Setelah itu Baca kembali berulang kali dan perbaiki apa yang salah dan yang kurang enak dibaca .


Tips untuk memenangkan lomba-lomba menulis: 

Pastikan Anda menyelesaikan dan mematuhi aturan dan persyaratan-persyaratan lomba. 

Anda dapat mencari beberapa referensi yang terkait dengan tema lomba tersebut. Tapi jangan pernah menjiplak. 

Setelah Anda selesai menulis, baca ulang beberapa kali. Dibaca yang salah atau yang kurang enak dibaca. Anda juga bisa meminta persetujuan teman atau saudara. 

Setelah selesai mengirimkan naskah, berdoalah. 

Jika Anda gagal, evaluasilah. Dan teruslah mencoba. Karena setiap orang berhasil menyelesaikan setumpuk kegagalan. 


Berikut langkah selanjutnya untuk mengirim naskah ke media masa: 

Buat tulisan yang menarik Pasti tulisan Anda harus menarik, renyah, dan mudah dimengerti agar media masa mau diterbitkan tulisan Anda. 

Pilih tulisan yang sesuai temanya dengan waktu. 

Sesuaikan dengan media masa yang Anda kirimkan. Karena media masa memiliki segmentasi tertentu tentang bisnis, politik, dan lain sebagainya. Dari media tersebut coba coba bagian mana yang merupakan tulisan dari pengirim. Silakan lihat daftar media masa yang menerima tulisan. 

Jangan kirimkan ke banyak media masa sekaligus juga ada penulis yang langsung mengirim ke banyak media masa sekaligus. Sebaiknya hal ini dihindari. Kirim naskah Anda pada satu media masa. Jika ditolak, baru kirim ke media masa yang lain. 

Membuat Pembaca Penasaran. Dalam dunia buku, pembaca mungkin juga akan berhenti membaca sebuah buku besarbesaran yang disediakan oleh bab-bab tertentu. Kamu bisa membuat pembaca penasaran di akhir bab agar mereka terus membaca buku karya kamu. Misalkan, kalimat akhir bab untuk buku non-fiksi: Adalah beberapa cara untuk selalu berpikir positif. Namun, dalam hidup, kadang-kadang, lepas dari masalah yang membuat kita lupa untuk berpikir positif. Lalu, bagaimana memecahkan masalah? Anda bisa membaca di bab berikutnya. Contoh kalimat di akhir bab untuk buku fiksi: Begitulah hari-hari yang dijalani Mawar. Setiap hari, ia selalu dibuli oleh teman-teman karena diskusi entah di mana, dan entah siapa. Ibunya tak pernah cerita soal itu. Ia terkadang menangis dan menjerit dalam hati. Ia berusaha kuat menantang penghasil yang ia terima. Namun sampai kapan saja ia mampu terus bertahan dari teman-teman yang selalu menyudutkannya? Dan apakah hari-hari yang disetujui akan berubah? Itu untuk membuat pembaca penasaran untuk terus membaca dari bab ke bab.

Manfaat Mengikuti Event-event Penulisan

Mengasah otak untuk mencari ide khusus acara memiliki tema tertentu dengan aturan tertentu. 

Melatih disiplin menulis 

Memperbanyak pengalaman belajar Semakin sering mengikuti acara semakin, kita akan semakin banyak mengalami. Semakin tau apa yang harus diperbaiki dari tulisan kita. 

Memperbanyak karya Karya-karya yang lolos biasanya dibukukan atau pun tidak, berarti Anda punya koleksi tambahan yang bisa diambil saat bisa dibukukan jika dikumpulkan. 

Mengenal penulis-penulis lain dengan mengikuti acara-acara mengambil, 

Cara Mengirim Naskah Ke Penerbit dan Hal Yang Harus Diperhatikan.

1. Siapkan Naskah Yang Sudah Rapi Jika kamu ingin karya kamu disetujui oleh editor penerbit dan diterbitkan, perbarui tata bahasa, perbarui yang benar, dan usahakan serapi mungkin. 

2. Pilih Penerbit yang Sesuai dengan Jenis Naskah Kamu Sebelum mengirim naskah kamu, Unduh Apakah Penerbit tersebut menerima naskah yang sesuai dengan naskah yang kamu kirimkan atau tidak. 

3. Menerima Tata Cara pengiriman dan ketentuan mentransfer Naskah Ke Penerbit yang direkomendasikan Kamu juga harus memperhatikan tata cara dan ketentuan pengiriman naskah ke penerbit yang dimiliki. Misal, ada penerbit yang hanya menerima naskah dalam bentuk cetak, ada pula penerbit yang menerima naskah 

4. Diposkan oleh Naskah Beserta Sinopsis dan Biodata Penulis Kirim naskah Anda bersama sinopsis dan biodata penulis. 

5. Jangan Membuka Naskah Ke Beberapa Penerbit Sekaligus Ini adalah etika yang perlu dipertimbangkan penulis. Kirimlah naskah Anda pada satu penerbit. 


Hal yang Dibutuhkan Penerbit dalam Menerima Naskah

Kesesuaian dengan penerbit Jika naskah dirasa tidak sesuai untuk diterbitkan di penerbit tersebut, tentu naskah akan ditolak. 

Kualitas naskah tentu menjadi faktor terbesar dalam pembahasan. 

Penulis Penulis yang terkenal akan lebih mudah diprioritaskan. Padahal bukan faktor penentu. 

Nilai jual Ini salah satu hal yang terpenting juga. Karena penerbit tentu tak mau mengeluarkan uang karena menerbitkan buku yang tak punya nilai jual. Buku yang memiliki nilai jual akan mendapat prioritas. Jadi penting untuk diterbitkan. Lalu Anda juga harus memperhatikan kualitas naskah Anda, dan lebih bagus lagi jika Anda bisa yakinkan penerbit karena karya Anda memiliki nilai jual. 


Inilah beberapa waktu yang tepat untuk menulis: 

Saat senggang atau sedang menunggu

Malam hari sebelum tidur Menulis Biasanya efektif saat tenang dan tidak banyak suara. Saat malam hari meminta tidur adalah saat yang tepat untuk menulis. 

Pagi hari Mungkin saat pagi hari setelah subuh Anda pun bisa memanfaatkan waktu tenang untuk menulis. Apalagi kondisi masih segar. 

Saat ada ide Ini yang paling penting. Ketika kamu punya ide, kamu dihapus segera sebelum ide itu menguap dan menghilang. Minimal Anda bisa menulis idenya terlebih dahulu. 

Banyak orang yang ingin jadi penulis sukses. Banyak orang ingin seperti Raditya Dika, Dewi Lestari, Andrea Hirata, atau penulis besar lainnya. Untuk menjadi penulis besar seperti mereka memang mudah. Terkadang, untuk menembus penerbitan besar saja sudah susah bukan main. Tapi sulit bukan berarti tak ada jalan. Jalan untuk menjadi penulis sukses selalu terbuka. Penulis besar pun berjuang untuk menerbitkan bukunya. Sebagai contoh, JK Rowling dengan karyanya yaitu Harry Potter, ternyata mudah diterbitkan. Naskah ini telah ditolak oleh 12 penerbit sebelum diterbitkan dan berhasil menjadi buku paling bawah yang diterbitkan kaya raya. Kathryn Stockett yang menulis Novel The Help. Novel Naskah tersebut sempat ditolak 60 kali. Sekali lagi, 60 KALI sebelum diterbitkan dan jadi best seller. 


Setelah calon pembaca melihat judul dan sampul, mereka akan mencari informasi tentang buku yang membuat mereka mulai tertarik. Setelah melihat bagian depan, mereka akan melihat bagian belakang. Semua tentang bagian belakang ada sinopsis tentang buku tersebut untuk mendapatkan calon pembaca tentang isi buku itu. Ada juga yang mencantumkan dialog penggalan dalam buku itu. Selain itu, ada juga yang mencantumkan dukungan atau komentar-komentar pembaca lainnya yang telah dibaca buku itu. Khusus dari tokoh-tokoh terkenal sesuai bidangnya masing-masing. Yang mana pun pilihan Anda kompilasi membuat buku, bagian di halaman belakang adalah ruang untuk menarik calon pembeli yang bisa dimanfaatkan. 

Membantu Mempromosikan Penulis juga perlu membantu mempromosikan karyanya. Misalkan melalui sosialk media atau pun seminar, bedah buku, dan lain sebagainya. Hal ini tidak wajib memang.

Periksa Naskah Buku ini Setelah bukunya terjual dan dibaca banyak orang, tentu saja ada kritik dari pembaca. Jika dalam buku itu ada kesalahan atau sesuatu yang kurang tentu sebagai penulis harus memperbaikinya agar di cetakan berikutnya bukunya lebih baik lagi. 

Terus Berkarya Seorang Penulis Tentu Saja Hanya Mengumumkan 1 Buku Kemudian Berhenti Dihasilkan.

 

Mungkin ada di antara Anda yang telah menulis selama bertahun-tahun, tetapi naskah Anda selalu ditolak penerbit. Jangan buru-buru membuang naskah Anda, karena penulis sukses mulai mengeluarkan persetujuan. JK Rowling pun diterbitkan naskahnya ditolak 12 kali, jadi pun penulis lainnya. 

Sesi tanya jawab:

1.P: Om Jay: Apa yang paling sulit dari menulis?   

   J: Yang paling sulit memulainya Om, dan istiqamah

 

2.P: Johan Wahyudi- Musi Rawas- Lubuklinggau: apakah dari mana kompilasi akan membuat tulisan? J: Menulis dari yang diundang dan ingin segera kita sampaikan.apa yang ada.di benak kita. Jgn takut salah, jangan takut jelek tulisannya, jgn takut kl tulisan tidak berguna atau tidak ada yang baca. Oke, saya kemaren membuat buku, pedoman monitor dan Daftar pedoman kurikulum, yang digunakan oleh penilik pada satuan pendidikan non formal, apakah bisa dikategorikan sebagai buku yang dapat diakses oleh grup dalm grup ini ya bu? buku tersebut untuk kmi digunakan di Lingkungan dinas pendidikan kami.

J: Malam ini yang diterbitkan diterbitkan pengalaman diterbitkan buku indie. Untuk Pendidikan non formal jika Bapak anggap penting dan dibutuhkan masyarakat Bapak bisa langsung menerbitkan Penerbit Tiga Serangkai dimana Bapak biasa menerbitkan buku dan sudah banyak mendapat royalti ber milyar milyar.         


3.P: Marnawati-Tanah Bumbu, Kalsel. Pada tips disiplin menulis ibu kanjeng bagikan, aku menemukan itu bisa kita beri tahu tentang diri kita sendiri bisa mencapai target atau melampaui target, dan kita juga bisa memberi tanggapan pada diri sendiri jika bertentangan yang terjadi. Dapat diberikan contoh Hadiah & keputusan yang dapat diterapkan, bu?

Jawab; Tentu saja, kita perlu mengapresiasi diri dengan capaian yang sudah kita peroleh, misalnya dengan waktu saya, bersantai dan menghirup. Saudara segar sambil mencari ide baru. Sedangkan punishmentnya Kalau target blm terpenuhi artinya kita punya sial tulisan. Secepatnya selai dilunasi.

4.P: Nama : Endartiningtyas Sulistiyo-Rembang. Menurut pendapat Bunda, dari tiga judul inilah yang paling menarik? 

1). Pandemi Bukan Perintang

2) .Terus Belajar di Era Pandemi

3) .Tetap Belajar di Era Pandemi.  


5. P: Nama: Tutik Sumarsih -Balerejo Madiun. 

Bunda hebat ... Membaca judul novel novel yang telah bunda terbitkan saja saya sudah tertarik dan penasaran sekali ingin membacanya. 

-Kugelar Sajadah Cinta

-Deburan Ombak Waktu

Kue -Cerita untuk dll ibu tercinta.

Bagaimana langkah awal menulis novel hingga diterbitkan bunda? Tidak pernah mengerti bagaimana memulainya ?

J: Bisa diawali dengan outline.atau daftar isi atau posting tulisan dari satu ide yang dikembangkan dengan mengatur seting, tokoh.dan alur ceritanya.     

6.P: Nama: Aat Solihat Lebak

Bagaimana cara mengembangkan kalimat atau kata-kata ... jadi saya mencoba mencoba suka menghilangkan kata-kata.

J: Kuncinya banyak membaca dan jadi pendengar yang baik. Saat ibu menulis tidak perlu dibaca selesaikan dulu sampai capek. Tinggal tidur sakit baru dibaca lg bendungan dibenahi

7.P: Nama saya Abraham Tefa-Niki-niki, NTT

Tips sederhana dari bunda agar bisa menulis buku sampai diterbitkan, jangan mandek di tengah jalan.

J: Sayang ya kalau tulisan berserakan dan tidak jadi buku. Sebaiknya bpk punya blog untuk.menyimpan aneka tulisan Bapak. Mungkin Nanti akan terkumpul bbrp tema yg sama Dan bisa dibuat buku. Betul sekali pak. Ayo buat blog. Posting ke blog. Lama kelamaan bisa jadi buku loh. Buktinya omjay, jd blogger ternama. Terbit bukunya loh.         


8. Indrakeren-Ciledug, Tangerang - Banten 

  Apa yang dibutuhkan dalam membuat tulisan untuk penulis baru, minimal untuk memulainya?

J: Motivasi utama untuk setiap orang yang berbeda jika saya pribadi menulis.itu.terapi jiwa. Dengan menulis jiwa bisa tenang siapa pun bisa kita bagikan kalau siapa yang buruk setelah ditulis dan org lain tidak perlu tahu ya dikembalikan. 

9. P: N urhabibah-Pekanbaru

Bagaimana cara menulisnya? Jadi alasan budaya, kadang-kadang aku suka meminta orang yang menulis, tapi di cuekin dan berbagai alasan.

J: Sahabatku sayang jgn pernah bosan meminta kebaikan.yg cuek biar cuek, tapi kita bisa tularkan ke yang lain.   K ita beri contoh jika punya karya punya banyak teman dan.kekayaan lain yang hanya dimiliki oleh penulis sejati.     [09:55, 8/4/2020] Aam nurhasanah Bu: Saya senang setelah kelas gabung ini jadi banyak teman. Bahkan sampai bisa terbitkan buku sementara hanya buku antologi. [09:55, 8/4/2020] Aam nurhasanah Bu: Sangat bangga bisa ada di kelas ini bareng orang2 hebat. Buku ditunggalnya tapi bab bab ya 


10.P: Nama: Rachmi H-SMKN 1 Tegalsari - Banyuwangi

 Bagaimana tips2 jitu agar dapat menyelesaikan tulisan disaat sikon yang kegiatan saling berkejaran ... saya meminta tinggi tetapi diselesaikan tersendat kr bertumpuknya kegiatan lain.

J: kita harus punya target. Menejemen waktu jam diplot 1 jam setiap hari. Kpnuskan h. S esuaikan sendiri bisa sebelum.tidur seperti Omjay atau dini hari atau saat menunggu bisa dicicil do tab, atau hape.     Saya suka seperti bu rahmi bunda. Karena banyak pekerjaan di sekolah, buku solo jadi belum tersentuh. Belum beranjak dari Bab 1. jadi malu.

 

11.P: Seproni-Bandung

Pelajari potensi kita, bagaimana mengawalinya misalnya spesial di fiksi / non fiksi, dll. 

J: Potensi kita dibaca dari bacaan atau buku yang kita sukai. Potensi di fiksi kompilasi dengan mudah.kita membaca buku fiksi dan hafal dengan mudah.Tokoh juga alur ceritanya.Sedangkan yang bukan fiksi saat kita punya ide jika siswanya butuh buku pegangan. Dan kita antusias bahw materi bisa dibuat modul untuk belajar siswa.         

12.P: Titin Alpianti-SD Negeri 026 Rambah Samo, Rokan Hulu, Riau

Apakah dalam menulis buku itu ada batasan halamannya?

J: untuk buku yang akan dinilaika guna kenaikan pangkat / golongan minimal 60 hak A5 halaman buku.   etapi kl tidak dinilaikan pembatasan minimal relatif, misalnya buku cernak tdk selai 60 halaman. 

 

13.P: . Halili-Pandeglang Banten

Bagaimana tips memilih kata dan menyusunta agar tulisan kita baik dan enak dibaca?

J: Menulis saja seperti Bapak ngobrol, dari bahasa lisan, lalu dicoba ngobrol dengan tulisan. Contoh: ”Pak tau gak kemarin Bu Sardi beli mobil Pajero warna putih, harga 400 juta. Kita kira-kira kapan ya Pak bisa beli? "(Ini si istri ngobrol sama suami. Kalian udah terima kira-kira bagamana?

 

14. P: J onter Siregar-Medan

Bgaimana memulai kembali latihan untuk menulis kompilasi sebelumnya saya beberapa kali mengikuti pelatihan tetapi tidak kunjung selesai. Mohon sarannya Bu

J: Cari atau tetap tinggal di grup ini.dan Harap jalan2 ke blog untuk para peserta yang ingin meningkatkan motivasi menulis. Hasil belajar ini dibukukan dan jadikan sebaga kitab suci ke 3 krn besok materinya lengkap dan bis dipelajari.     

 

15. P: Umi Nurfaida- Sawahan, Madiun 

Untuk Menulis Pemula .... berdasarkan pengalaman Bunda ... sebagai permulaan awal memperbaiki menulis tentang kita mengambil tema nya tentang apa?   

 Yg palung mendengarkan dan dikuasai menulis apa? 

Tentang tumbuh kembang anak ibu musalnya 

Tentang tanaman dan manfaatnya 

Tentang pengalaman ibu saat pjj

 

16.P: Bahrudin dari Rembang izin bertanya:

1). Apa pengaruhnya sehingga orang sukses menulis terhadap bunda sebagai pribadi, baik dalam tugas pokok profesi maupun kehidupan sosial?

2). Mohon tolong diceritakan sedikit nikmat apa daja yg diterima bunda dari menulis!

J: 1). Lebih ke kepuasan batin. Ke tugas pokok / profesi: dapat pengarahan dan masukan berbagai masalah dari penulis pemula.dan akan lebih bijaksana.   

2). Nikmat kepuasan batin, silaturahmi diambil dan diharap menyelamatkan jari jariyah.

 

Kesimpulan: Jangan lelah untuk berproses. Masuklah ke dalam komunitas penulis untuk saling mendukung. Awali dengan menulis di blog lanjut di Antologi untuk jadi buku, n lanjut ke.buku tunggal. Minimal bisa membukukan hasil belajarnya selama mengikuti kelas belajar menulis gratis bersama Omjay dan PGRI. 

Salam Literasi ...

Peresume : Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)     

Buku yang pernah ditulis : Anakku Harapanku 

       Asa dari Bumi Papua

Fb Prapti Prayitno

Ig prapti9370

https://praptiprayitno.blogspot.com

 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19

Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting

Membangun Indonesia melalui PJJ yang menyenangkan