Raih mimpi di Penerbit Mayor

 

Resume ke-15 Kuliah Menulis On-line ( Pertemuan  ke- 3/Gel 15)

Gelombang ke-14

Hari/Tgl                        :  Jum’at, 7  Agustus  2020

Pukul                            :  19.00 s.d 21.00 WIB

Pemateri                     :   Theresia Sri Rahayu,, S.Pd SD

Materi                         :   Pengalaman Menerbitkan Buku Mayor

Tempat/ tgl. Lahir       :   Kuningan, 13 september 1984

Instansi                         :   SDN WAIHIBUR – KAB. SUMBA TENGAH NTT

TTL                              :  Kuningan, 13 september 1984

Phone                          :   085222201100

FB                                :  Theresia Srie

Blog                             :  https://www.cikgutere.com

Chanel youtube            : Theresia Sri Rahayu

EMAIL                          :  cikgutere@gmail.com

MOTTO                       : Belajar, belajar, dan belajar

Perkuliahan malam ini dibuka  Om Jay kemudian mempersilakan Mr Bams untuk  memandunya dengan pemateri Theresia Sri Rahayu,, S.Pd SD yang biasa dipanggil Cikgu. Guru muda, cantik, energik, penuh karya dan prestasi.Di mana bumi dipijak penuh semangat berkarya dan segudang rprestasi. Berikut prestasi Cikgu Tere:

1.Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Kecamatan Padalarang – Kab. Bandung Barat (2014)

2.Juara 2 Lomba Guru Berprestasi tingkat Kab. Bandung Barat (2014)

3.Juara 3 Lomba Guru MIPA tingkat Kec. Padalarang (2014)

4.Juara 1 Olimpiade Guru Nasional tingkat Provinsi NTT (2018)

5.Finalis Lomba Olimpiade Guru Nasional tingkat nasional (2018)

6.Finalis Lomba Alat Peraga Matematika Sederhana tingkat nasional (2018)

7. Peserta Short Course ke Luar Negeri dalam Program 1000 Guru ke Luar Negeri (2019)

8.40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching Challenge (2019)

9.Finalis Course on Developing Lesson Study for Primary Mathematics Teacher tingkat    internasional (2019)

10.Guru Inti Terbaik dalam Pembekalan Guru Inti Program PKP tingkat Provinsi NTT (2019)

11.Peserta Terbaik dalam Bimtek UKS Regional Bali

12.Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019)

           13.Finalis Lomba Mathematics Teaching Learning Model (MTLM) tingkat internasional (2019)

14.Kader Inti Gerakan Ajarmat / Ayo Belajar Matematika (2019)

15.Resume terbaik dari KSGN dan Pelatihan Belajar Menulis Bersama Om Jay (2020)

           16.Blogger inspiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan Penerbit Andi Yogyakarta pada   bulan (2020)

            17.35 selected participants of Advance Online Course SEAMEO Qitep in Mathematics  (2020)

Setelah menyapa ramah Cikgu Tere mengucapkan terimakasih yg sebesar - besarnya kpd Om Jay, Prof. Eko, dan Penerbit Andi yg telah mewujudkan salah satu mimpi terbesar dalam hidup Cikgu. Setiap orang pasti mempunyai mimpi besar dlm hidupnya. Namun, tidak semua orang dapat mewujudkannya. Cikgu bersyukur krn di tahun 2020 ini, telah berhasil mewujudkan salah satu mimpinya yaitu menerbitkan buku di Penerbit Mayor.

Tawaran Om Jay untuk berbagi "Pengalaman Menerbitkan Buku di Penerbit Mayor" pun diterima dengan senang hati oleh  Cikgu. krn bagi Cikgu, Om Jay adalah sosok yg sangat luar biasa. Yg sdh menularkan virus menulis dan memberikan kesempatan kpd saya utk mendapatkan keajaiban menulis setiap hari.

Cikgu salah satu peserta kegiatan Belajar Menulis melalui WA Grup yg digagas oleh Om Jay Gelombang. 4. Dalam salah satu materi,  narasumbernya Prof. Richardus Eko Indrajit mejberi tantangan. Materinya sangat menarik dan Cikgu pun sangat antusias untuk mengikuti tantangan yg beliau berikan yaitu menulis buku dalam waktu seminggu. Beliau melelang topik bukunya dan meminta kami memilih salah satu topik tersebut dengan langsung menuliskan nama peserta.

Ternyata, Prof Eko setiap hari melakukan live seminar di youtube dengan berbagai topik yang sangat menarik dan tentunya bermanfaat. Ini channel nya:

 https://www.youtube.com/channel/UCa3LCo2Zjy_h_NaWz1V2jOw

Topik yang menarik Cikgu  yaitu Ubiquitous Learning. Serta merta Cikgu membuka channel youtube beliau dan menyimak materi terkait topik tsb. Setelah itu, tidak menunggu lama. Besoknya langsung Cikgu daftarkan nama untuk menjadi penulis buku

Waahh, luar biasa rasanya saat itu. Cikgu segera menyusun outline dan japri Prof. Eko (seumur - umur baru berinteraksi dgn Profesor secara langsung / japri) lalu di luar espektasi nya, beliau langsung membaca dan melihat pengajuan judul serta outline yg Cikgu serahkan. Saat itu judul buku Cikgu adalah Belajar Semudah Klik, Membangun Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar. Prof Eko menambahkan satu kata yaitu Ekosistem. Sehingga judul bukunya menjadi Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar. Outline yg Cikgu berikan saat itu hanya 3 bab dan beliau hanya mengatakan, "Wah, keren. Saya jadi penulis kedua, ya." Katanya. Tak terbayang rasa cikgu saat itu. Yang lebih membuat Cikgu terharu, keesokan harinya, beliau langsung membuat cover buku saya. Katanya untuk memotivasi guru - guru yang lain. Ini adalah covernya :

Setelah itu, kami digabungkan dalam satu grup WA yaitu Menulis Bersama Prof. Ekoji. Dalam grup tersebut  saling memotivasi agar dapat menyelesaikan tantangan menulis dalam seminggu. Saat ini grup tersebut beranggotakan 20 orang termasuk Prof. Eko. Pak  Eko mengatakan bhw tgl 25 April kami akan melakukan presentasi karya. Ini artinya draft buku harus segera selesai.Apalagi di  daerah Cikgu  tidak memungkinkan pembelajaran online, maka kami menyusun LKS dan melakukan kunjungan ke rumah siswa.Jadi bisa dibayangkan kesibukan yg saya hadapi di samping juga kewajiban utama sbgai ibu rumah tangga.Panik, stress, pusing, krn tidak bisa membagi waktu dgn sekian banyak kesibukan.

Akhirnya, tgl 25 April, kami pun bertemu secera virtual. Dan satu per satu, kami bergantian mempresentasikan karya kami. Ada sedikit  perubahan yg harus dilakukan. Di antaranya : jenis huruf menggunakan verdana, ukuran 10, spasi tunggal. Ukuran kertas A5, lalu lengkapi dengan index dan daftar pustaka dibuat otomatis.Buku minimum 100 halaman dan jumlah bab paling sedikit 5 bab.

Dan ... ternyata setelah dilayout dgn ketentuan di atas, jumlah halaman buku Cikgu  hanya mencapai 60 halaman. Jadi PR nya  sangat banyak di samping sy juga harus belajar bgmn caranya membuat index dan daftar pustaka serta daftar isi otomatis. Cikgu pun bergegas mencari tambahan 2 bab dan menulis lagi sampai di atas 100 halaman.: saat itu Cikgu mengatakan pd suaminya utk membantu saya menyelesaikan penulisan buku.Jadi, suaminya bertugas menjaga anak kami yg masih berusia 3,5 tahun dan membawanya bermain di luar saat saya mau menulis. Krn butuh suasana tenang.Malam hari, ketika merrka sdh tdr, saya turun kembali dr tempat tdr dan melanjutkan menulis lagi. Krn malam hari juga waktu tenang. Lalu, bangun pagi juga begitu. Sblm beraktivitas di dapur, Cikgu sempatkan menulis lagi.

 

Akhirnya, Prof. Eko menyampaikan pd kami, bhw tgl 4 April, kami akan berhadapan dgn Penerbit Andi scr virtual.: adi, naskah kami harus masuk ke Prof. Eko sblm tanggal 4 April. setelah naskah selesai, saya serahkan pada Prof. Eko, saya gelisah sampai tidak nyenyak tidur. Kemudian, sy dihubungi oleh Ibu Dwinita dr Penerbit Andi dan pada tanggal 20 Juni, beliau mengatakan bhw tgl Proof buku saya selesai akan dikirimkan ke Cikgu. Proof itu berupa naskah buku yg sdh dilayout namun masih berupa lembaran / blm dijilid. Dikirimkan pada kembali agar penulis  bisa mengoreksinya bila masih ada kesalahan. Dan, pada tanggal 3 Juli, penantian panjang saya berbuah hasil yg manis. Cikgu menerima Proof naskah buku saya berikut lampiran Surat Perjanjian Penerbitan dr Penerbit Andi

 

Sesi tanya jawab:

1.P:   Menulis buku dlm waktu seminggu itu luar biasa karena sy pernah menulis buku 25 hari saja harus punya schedule yg ketat agar hasilnya maksimal. Tips dan trik  apa yg mb Tere punya dan bs di share di grup ini  ttg persiapan menulis buku dlm waktu seminggu. (Nurhidayati)

J:. Pertama, saya menonton video Ubiquitous Learning dr channel Ekoji, lalu mencari referensi di google terkait Ubiquitous.  Sebetulnya ini buku ke tiga saya. Namun buku yg sebelumnya diterbitkan indie. Ada juga bbrpa buku antologi saat ikut lomba menulis.  Betul, Bu. Buku pertama dan kedua saya ditulis dalam waktu masing - masing 1 bulan. Namun, krn situasi mendukung bisa diselesaikan. Tips dan trik nya yg sy terapkan : buat time schedule (sehari brp bagian / hlmn, kumpulkan referensi sebanyak mungkin, jauhkan HP (kecuali benar - benar dibutuhkan) krn cenderung mengecek notifikasi, nulis dulu edit kemudian, kerja sama dgn orang rumah)

 

2. P: Langkah langkah apa saja untuk menyusun naskah, masalah nya saya pemula, nama Imas Masruroh dari Rangkas Bitung Lebak Banten

J: Baik, Bu Imas. Smg jawaban sy bs membantu. Langkah - langkah untuk menyusun naskah dimulai dr memilih tema / topik. Sebenarnya oleh narsum sebelumnya, mungkin Bpk/Ibu sdh diberikan materi mengenai cara tsb. Salah satunya dgn menggunakan google trend. Di sana kita bisa melihat kecenderungan minat masyarakat sbgai pasar buku kita. Hal ini penting dilakukan mengingat kita bukan penulis terkenal. Jadi tips spy buku kita laku diawali dgn memilih topik yg baik dulu. Setelah itu, coba buat mind map terkait topik, sampai menemukan judul yg menarik. Kemudian kembangkan judul menjadi outline naskah. Dlm pemaparan saya, minimal 5 bab krn mewakili 5 W + 1 H dr hal2 yg ingin diketahui orang thdp buku kita. Selanjutnya kembangkan naskah kita sesuai outline yg sdh dibuat. …

3. Menjawab pertanyaan Bu Endang:  Syarat /Kriteria Buku yang diterima Penerbit:. Sebenarnya setiap penerbit mempunyai persyaratan atau kriteria yg sedikit berbeda.

Hal ini sesuai dgn fokus penerbitan mereka Misalnya jenis buku yg mereka pasarkan

Contoh yang  Penerbit Andi dapat dilihat di :  http://andipublisher.com/sub-48-penulis.html

 

#Ayo Jadi Penulis...

Penerbit ANDI membuka kesempatan bagi Anda yang ingin berkarya dan menjadi seorang penulis.

Kategori buku yang kami sediakan bagi anda antara lain:

1. Buku Anak
2. Novel & Fiksi
3. Pertanian, Peternakan & Perikanan
4. Seni, Arsitektur & Fotografi
5. Bisnis & Ekonomi
6. Komputer & Internet
7. Masakan
8. Kesehatan & Diet
9. Edukasi, Peraga Pendidikan, Pendidikan
10. Teknik
11. Hiburan
12. Rumah & Taman
13. Hukum
14. Majalah
15. Kedokteran
16. Keluarga
17. Filosofi
18. Psikologi
19. Bahasa dan Sastra
20. Agama
21. Buku Sekolah
22. Ilmu Pengetahuan
23. Pengembangan Diri
24. Ilmu Sosial
25. Olahraga


Hubungi:
naskahbukuandi@gmail.com
meiana.pbu@gmail.com
jesicca.dy@gmail.com

Cabang Kami:

Kantor Pusat
Penerbit & Percetakan ANDI
Jl. Beo 38-40, Demangan
Yogyakarta 55281
INDONESIA
Telp. 0274-561881
Fax. 0274-545465

 

 

Tips dari saya, jika Bpk/ Ibu berminat menulis buku dan ingin bukunya diterbitkan oleh Penerbit Mayor, sebaiknya kenali dulu seluk beluk (visi / misi) Penerbitnya. Terlebih terkait syarat dan prosedur penerimaan naskahnya. Dan coba hub bagian kontaknya utk mndptkan informasi yg lbh lengkap

Mmg agak sulit jika pada akhirnya kita berperan ganda. Mksdnya sbgai guru, ibu rumah tangga sekaligus penulis. Namun, didasari komitmen tentunya hal ini bisa diatasi bersama - sama. Suami sy adl seorang petani. Di daerah kami, Bulan April tidak banyak kegiatan yg dilakukan di sawah. Krn sawah tadah hujan. Jadi, saya bangun komunikasi dgn suami ttg kesibukan saya. Beliau juga tdk keberatan. Asalkan saya ttp berusaha membagi waktu utk mengurus rumah tangga. Lagipula, saat ini suami sy sdh terbiasa dgn kesibukan saya krn sejak mutasi ke NTT ini, saya juga cukup sering tugas di luar daerah, bahkan sampai ke LN selama satu bulan. Jadi dukungan sprti ini yg suami sy lakukan dan bagi sy ini sngt luar biasa.

 

4. Menjawab pertanyaan   Bu Tutik, wah, luar biasa ya langsung meluncur ke channel super keren dr Prof. Eko. Saat ini mmg di channel beliau sdh membahas materi yg menggunakan Bhs. Inggris. Namun, Ibu bisa mendpt materi lain yg berbahasa Indonesia dr video2 beliau yg lainnya.: https://youtu.be/gIkUmTF0PwA

 

 Bagi Bpk/Ibu peserta kegiatan malam ini, saya akan berikan hadiah berupa diskon 20% bagi pemesan buku * BELAJAR SEMUDAH KLIK, MEMBANGUN EKOSISTEM UBIQUITOUS  LEARNING DALAM KONSEP MERDEKA BELAJAR: Syaratnya : Kirim link resume materi malam ini ke no. WA saya (japri) dan pesan bukunya. JUGA ADA HADIAH MENARIK yaitu Buku Belajar Semudah Klik .Saya dan Om Jay serta Penerbit Andi akan memilih satu resume terbaik dari Bpk/Ibu brdasarkan materi malam ini . Silakan tulis resumenya di blog Bpk/Ibu, bagikan di medsos, dan  wajib men - tag / menandai akun FB saya : Theresia Srie

Clssing statement dari Cikgu : Bpk/Ibu yg luar biasa, saya hanya segelintir orang yg berani bermimpi besar. Namun bagi saya, mimpi itu laksana sebuah kunci utk menaklukan semua rintangan di dunia. Jadi, peliharalah mimpi itu dan segeralah bangun untuk mewujudkannya.

 

Salam Literasi…

Peresume    :  Suprapti, S.Pd (SMP N 1 Ciater, Subang, Jawa Barat)

Buku yang pernah ditulis:  Anakku Harapanku

       Asa dari Bumi Papua

Fb Prapti Prayitno

Ig prapti9370

https://praptiprayitno.blogspot.com

Comments

  1. Terima kasih sdh membuat resumenya dgn baik

    ReplyDelete
  2. Terima kasih Jazakallahu OmJay , sudah menginspirasi kami guru pembelajar...👍🙏

    ReplyDelete
  3. Bunda , semangat sekali ya, semangat bunda...,😊💪, Pokoknya mantap pisan.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih untuk resumenya, Bu. Luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Cikgu Tere, inspirasinya luar biasa...👍👍💪

      Delete
  5. Luar biasa bu prapti, tulisannya semakin keren 👍👍🙏

    ReplyDelete
  6. Tambah keren resumenya BuPrap, semangat terus ya

    ReplyDelete
  7. Bu Prap resume yang sangat lengkap... Kereeenn... Sama keren dengan narasumbernya... (Wiwin)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wu alah bikin resume jg baru belajar Bu Win, masih jauuh sekali klo sama narsumnya Buu🙏🙏

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ketika Mbah Kena COVID -19

Menulis Buku Populer Semudah Menulis Chatting

Membangun Indonesia melalui PJJ yang menyenangkan